Loading...
Loading…
Soetrisno Bachir, Mantan Ketua Umum PAN yang Terkenal dengan Slogan Hidup Adalah Perbuatan

Soetrisno Bachir, Mantan Ketua Umum PAN yang Terkenal dengan Slogan Hidup Adalah Perbuatan

Nasional | sindonews | Selasa, 24 Agustus 2021 - 14:36

JAKARTA - Soetrisno Bachir adalah salah satu mantan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN). Pria kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, pada 10 April 1957 itu memimpin PAN sejak 2005-2010.

Dia sempat menyedot perhatian saat menjabat ketua umum PAN melalui iklan di sejumlah media dengan tag line "Hidup adalah Perbuatan" sekitar tahun 2008.

Saat itu, tidak sedikit yang menyindir iklan yang dikait-kaitkan untuk kepentingan kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Namun, PAN hanya menjadi salah satu partai politik pendukung Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) - Boediono di Pilpres 2009.

Belakangan, nama Soetrisno Bachir yang kini sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN itu dikabarkan akan diusung ke Pilpres 2024 oleh partainya. Bachir pernah menjabat Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di periode pertama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Soetrisno dilantik sebagai Ketua KEIN di Istana Negara, Jakarta, Rabu 20 Januari 2016. KEIN dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2016 pada 19 Januari 2016.

KEIN menjadi salah satu dari sepuluh lembaga nonstruktural yang dibubarkan dengan alasan efektivitas dan efisiensi pada November 2020 melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2020. Soetrisno Bachir juga sempat menjadi seorang tokoh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan anggota Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah.

Soetrisno Bachir menikah dengan Anita Rosana Dewi, seorang pebisnis di bidang pakaian dan sejenisnya pada tahun 1989. Pasangan itu dikaruniai empat orang anak, yaitu Meisa Prasati, Layaliya Nadia Putri, Maisara Putri, dan Muhammad Izzam.

Original Source

Topik Menarik