Soal Taliban Kuasai Afghanistan, Menag Bicara Soal Terorisme

jawapos | Nasional | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 09:20
Soal Taliban Kuasai Afghanistan, Menag Bicara Soal Terorisme

JawaPos.com Kelompok Taliban telah berhasil menguasai pemerintahan Afghanistan. Atas kejadian itu, banyak pula yang berpikir bahwa Taliban adalah organisasi teroris.

Mengenai itu, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun meminta kepada publik agar tidak mengidentikkan Islam dengan terorisme. Sebab, dalam ajaran Islam, tindakan terorisme itu dilarang.

Jangan identikkan muslim dengan terorisme karena itu tidak terkait. Kalau ada teroris yang beragama Islam mungkin ada, begitu juga dengan agama lain, tapi jangan pernah identikkan Islam dengan terorisme, ungkap dia dikutip, Minggu (22/8).

Kata dia, semua agama mengajarkan kebaikan, termasuk Islam. Jadi, pola pikir seperti itu harus dihilangkan oleh masyarakat.

Islam itu mengajarkan kebaikan, kedamaian, dan kasih sayang. Islam tidak pernah mengajarkan terorisme dan kekerasan, sambung Menag.

Menurut dia, apa yang terjadi di Afganistan biarlah terjadi. Dirinya pun mengajak umat muslim untuk saling menjaga dengan kembali ke ajaran Rasulullah.

Jadikan Islam sebagai Rahmatan lil alamin. Sementara bagi agama lain, saya rasa juga demikian mengajarkan kasih sayang dan kedamaian, tandas Menag.

Sebelumnya, kelompok militan Taliban menyatakan kemenangannya setelah perang di Afghanistan berakhir. Taliban berhasil menyerbu Ibu Kota Kabul dan membuat Presiden Ashraf Ghani kabur dari negara itu.

Artikel Asli