BIN Beri Perhatian Kondisi WNI di Afghanistan Usai Taliban Berkuasa

inewsid | Nasional | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:47
BIN Beri Perhatian Kondisi WNI di Afghanistan Usai Taliban Berkuasa

JAKARTA, iNews.id Badan Intelijen Negara (BIN) memberi perhatian khusus mengenai keamanan Warga Negara Indonesia (WNI) di Afghanistan, seiring terjadinya konflik politik di negara tersebut. BIN terus mencermati perkembangan situasi keamanan di Afghanistan pasca Taliban menguasai negara tersebut.

"Hal itu guna menghimpun informasi sebagai bahan masukan terhadap pemerintah agar bisa mengambil kebijakan yang terbaik untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia," ujar Deputi VII BIN, Wawan H Purwanto saat dikonfirmasi MNC, Minggu (22/8/2021).

Menurut Wawan, keselamatan WNI di Afghanistan menjadi prioritas bagi pemerintah. Karenanya, BIN memberikan dukungan penuh bagi upaya perlindungan WNI.

"BIN juga memberikan atensi terhadap kondisi WNI yang ada di Afghanistan. Hal itu merupakan bagian dari upaya untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Saat ini keselamatan WNI di Afghanistan menjadi prioritas bagi Pemerintah Indonesia," jelas Wawan.

Sebagai informasi, kelompok Taliban memasuki Ibu Kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu 15 Agustus 2021. Dikuasainya Kabul menjadi puncak dari serangan kilat Taliban terhadap pemerintah Afghanistan.

Cepatnya keruntuhan pertahanan pemerintah Afghanistan setelah penarikan pasukan AS dari negara itu telah mengejutkan semua pihak. Pemerintah Indonesia pun memutuskan untuk mengevakuasi sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul. Kini WNI tersebut telah berada di Tanah Air.

Artikel Asli