Sangat Menginspirasi, Aparat TNI Lakukan Ini untuk Membantu Warga di Pedalaman Papua

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:56
Sangat Menginspirasi, Aparat TNI Lakukan Ini untuk Membantu Warga di Pedalaman Papua

Biak - Aparat TNI Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil 1708-01/Biak Timur Kabupaten Biak Numfor, Papua, Sertu Sombuk menyediakan layanan perpustakaan keliling untuk warga desa guna meningkatkan minat baca anak di pelosok kampung.

Babinsa Posramkl Biak Timur Sertu Sombuk dalam keterangan diterima di Jayapura, Minggu, mengatakan layanan perpustakaan keliling dilakukan bersama tiga anggota Posramil di antaranya Sertu Umaradin, Sertu Yamin dan Sertu Dodik Fitrianto di Kampung Adorbari, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Diakuinya, kegiatan perpustakaan keliling merupakan wujud kepedulian Babinsa Posramil Biak Timur terhadap dunia pendidikan guna membantu mencerdaskan anak-anak generasi penerus bangsa di usia dini.

"Juga melalui perpustakaan keliling agar anak gemar membaca dan khususnya untuk mengisi kegiatan libur pascapandemi melalui buku-buku pengetahuan yang dibawa Babinsa di wilayah binaan.

Personel BabinsaPosramil 1708-01/Biak Timur Sertu Sombuk mengatakan sebelum pelaksanaan membaca buku pihaknya juga memberikan pemahaman dan edukasi terhadap anak-anak agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi.

"Kami mengajari anak-anak yang belum lancar membaca, dengan membimbing untuk mengenal huruf dan mengeja agar dapat membaca kata dalam kalimat," ungkap Babinsa.

Disebutkan, anak-anak terlihat antusias dan bersemangat dengan kehadiran aparat TNI yang memberikan bimbingan membaca.

"Ada pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia. Oleh karenanya, ini merupakan ungkapan yang tepat, karena dengan membaca buku, akan dapat menyerap banyak ilmu pengetahuan, memperluas wawasan dan hiburan melalui membaca buku," tambah Babinsa.

Sebelumnya, Dandim 1708/BN Letkol Inf Arif S bersama polres Biak meluncurkan program pelayanan perpustakaan keliling untuk warga di pelosok kampung guna mencerdaskan kualitas sumber daya manusia di kampung-kampung.

Artikel Asli