Fraksi PKS DPRD Kota Malang Salurkan Bantuan untuk Keluarga Siswoyo

jatimtimes.com | Nasional | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 07:43
Fraksi PKS DPRD Kota Malang Salurkan Bantuan untuk Keluarga Siswoyo

MALANGTIMES - Dalam menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dan konstituennya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang dengan segera menyalurkan bantuan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan keluarga Siswoyo (49).

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Bidang Anggaran Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono kepada keluarga Siswoyo secara simbolis melalui Ketua RT 04/RW 07 Sampurna Adi Wijaya dengan disaksikan warga sekitar.

"Saya sendiri sedikit membawa pesan bantuan uang sebesar Rp 2,5 juta dari teman-teman yang menitipkan kepada saya untuk membantu keluarga dan juga anak-anaknya agar kondisinya lebih baik," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (21/8/2021) malam.

Trio yang merupakan anggota DPRD Kota Malang dari daerah pemilihan (dapil) Lowokwaru ini menuturkan bahwa pihaknya juga telah membuka komunikasi dengan beberapa lembaga zakat untuk membantu keluarga Siswoyo.

"Saya juga berkoordinasi dengan beberapa lembaga zakat yang mungkin bisa membantu beliau," tuturnya.

Seiring berjalannya waktu, pihaknya akan terus memantau kondisi Siswoyo bersama kedua anaknya yakni Muhammad Ilham (10) dan Muhammad Rizky (4). Di mana selama ini, Ilham sebagai anak pertama kerap kali menghabiskan waktu untuk merawat Siswoyo yang juga dibantu oleh warga sekitar.

Lebih lanjut, pihaknya meninjau langsung ke kediaman Siswoyo yang terletak di Jalan Raya Tlogomas Nomor 83, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini juga ingin memastikan kebutuhan-kebutuhan yang disalurkan oleh pemerintah telah diterima.

"Maksudnya apakah selama ini beliau sudah mendapatkan PKH, ternyata sudah. Artinya kalau sudah (dapat, red) PKH, otomatis sudah jadi peserta BPJS Kesehatan, kalau mau berobat pun tidak dipungut biaya," jelasnya.

Dengan kondisi kedua anak Siswoyo yang saat ini tidak diasuh oleh orang tua kandungnya karena ibunya meninggal dunia di Bulan Desember 2020 dan bapaknya yakni Siswoyo sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, pihaknya berharap agar keluarga dekat juga dapat turut serta merawat kedua anak tersebut.

"Atau kalau memang bisa ditempatkan di Dinas Sosial punya wadah ataupun di panti asuhan yang bisa, supaya anak-anak ini juga (terawat, red)," tuturnya.

Karena menurut Trio, jika anak-anak seusia Ilham dan Rizky dibiarkan begitu saja tanpa adanya asuhan dari kedua orang tua akan mengganggu dan berdampak panjang terhadap tumbuh kembang anak.

"Alangkah baiknya kalau ada asupan yang lebih baik kan, saya pikir dari Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan pasti ya kita minta tetap mensupport kepada beliau," tandasnya.

Sementara itu, Ketua RT 04/RW 07, Kelurahan Tlogomas Sampurna Adi Wijaya mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian dari jajaran anggota DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS.

"Terima kasih atas bantuannya dari anggota dewan untuk warga RT 04 yakni Pak Siswoyo semoga bermanfaat," ujarnya.

Nantinya bantuan berupa uang tunai tersebut akan dikumpulkan di bendahara dan dikelola untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Ilham, Rizky dan juga nantinya kepada Siswoyo.

"Bantuan uang itu nggak bakal dikasih (dirupakan, red) uang cuma-cuma. Mungkin untuk pendidikan anaknya, memenuhi kebutuhan anak-anaknya," katanya.

Hal itu juga telah dikoordinasikan langsung dengan Siswoyo beserta keluarga dekatnya. Karena, jika bantuan uang tersebut langsung diberikan kepada Siswoyo dalam bentuk uang tunai, kekhawatirannya uang akan cepat habis.

"Bantuan dari donatur nanti kita kasih laporan, bantuan dari warga pun juga ada laporan," pungkasnya.

Artikel Asli