Golongan yang Terhalang Masuk Surga

republika | Nasional | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 05:11
Golongan yang Terhalang Masuk Surga

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Deri Adlis , Muballigh Muhammadiyah Kepri

Setiap manusia di akhirat nanti menginginkan masuk ke dalam surga. Karena didalamnya terdapat banyak kenikmatan yang tidak pernah habis dan bersifat kekal.

Didalamnya juga ada air yang selalu jernih tidak berubah rasa dan baunya. Ada pula sungai susu karena airnya terdiri atas air susu yang juga tidak berubah rasanya. Kemudian, ada juga sungai arak (khamar), yaitu airnya terdiri atas khamar yang sangat lezat rasanya, tapi tidak memabukkan. Selanjutnya, ada pula sungai madu, yang airnya terdiri atas madu yang disaring.

Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong? (Qs : Muhammad :15)

Namun tidak semua golongan manusia yang bisa memasuki surganya Allah. Jauh hari Rasulullah telah memberikan kabar tentang hal ini seperti dalam sabdanya:

.

Tiga golongan manusia yang tidak akan masuk surga ; orang yang durhaka kepada ibu-bapaknya, dayyuts, laki-laki seperti wanita. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Al-Hakim dan Al-Baihaki dishahihkan oleh Asy-Syaikh dari Abdullah bin Umar.

Artikel Asli