Edukasi Masyarakat, HDMI Ingin Selamatkan Generasi Muda

republika | Nasional | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 04:30
Edukasi Masyarakat, HDMI Ingin Selamatkan Generasi Muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelantikan Pengurus Wilayah HDMI kali ini tampak beda. Pesan-pesan tokoh nasional tampak mengisi kegiatan Pelantikan yang digelar hanya berselang 4 hari dari perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia.

Sejumlah tokoh menyambut dengan hangat, mereka adalah para gubernur, para pimpinan ormas, juga tokoh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Himpunan Da'i Muda Indonesia sejak awal kehadirannya memang bertekad untuk menjadi wadah para da'i muda yang siap melanjutkan estafeta para tokoh bangsa dan senior perjuangan.

Karena itu, dalam pidato Kebangsaannya kali ini, Ketua Umum HDMI Habib Idrus menginginkan agar para da'i muda rajin mengunjungi para ulama dan guru, bahkan bila sudah wafat kita sempatkan berziarah ke makamnya. "HDMI harus menjadi pewaris ulama dan penjaga persatuan bangsa," pesannya.

Apa yang disampaikannya itu merupakan keresahan sekelompok pemuda Islam yang melihat para tokoh senior saling berpecah. Tentu hal tersebut tidak boleh terwariskan kepada generasi berikutnya, maka HDMI hadir untuk menginisiasi rekonsilasi bangsa dengan semangat pewarisan ulama. Hal tersebut juga diingatkan oleh Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya.

"Saya mengajak da'i muda di manapun berada untuk berkontribusi menguatkan semangat kebangsaan, mengeratkan ukhuwah dan menyampaikan dakwah yang wasathiyah," pesan Ridwan Kamil.

Dalam realisasinya, Ketua Umum HDMI Habib Idrus mengingatkan pada satu kaidah, bahwa bagi da'i merebut hati lebih diutamakan daripada mendapatkan pengakuan terhadap pendapatnya. Sehingga HDMI hadir sebagai pemersatu, bukan pemecah-belah. Habib Idrus juga mengingatkan kepada pengurus wilayah yang akan dilantik, "Niatkan semua yang dikerjakan di HDMI sebagai sarana mencintai Allah, dan menjadi perahu penyelamat di Yaumil Mahsyar."

Semangat para da'i muda ini disambut oleh Ketua Umum Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) Prof. Dr. Ahmad Satori Ismail. Melalui pesan video, ia menyampaikan harapan bagi HDMI. "Semoga sukses dan bisa bekerjasama dengan lembaga dakwah lainnya dalam rangka mencapai masyarakat adil dan makmur," katanya.

Segenap Pengurus Wilayah HDMI menyambut baik maklumat untuk menjaga persatuan bangsa yang digulirkan oleh Pimpinan Pusat HDMI. Eko Iska Risma selaku Ketua HDMI Kepulauan Riau menyatakan bahwa para da'i muda di Kepri siap untuk turut mendakwahkan Islam yang moderat. Sedangkan Ulpan, Ketua HDMI Sulawesi Tengah menyatakan bahwa keterlibatannya di HDMI semata-mata karena ingin menjadi orang yang baik.

Sesuai namanya, HDMI akan menjadi wadah berhimpunnya para da'i muda di manapun berada. Baik yang ada di Indonesia, maupun yang sedang studi di Luar Negeri. "InsyaAllah dakwah para da'i muda akan menjadikan masyarakat semakin religius. HDMI Kalimantan Barat sendiri akan bertekad menjadikan Kalbar sebagai propinsi yang religius," ujar Kurniawan, Ketua HDMI Kalimantan Barat.

Terakhir Ketua Dewan Pembina HDMI KH. Fahmi Rusydi berpesan, agar pelantikan pengurus wilayah HDMI dilanjutkan dengan kekuatan produktivitas. "Terus bergerak, hadirkan program yang bermanfaat bagi persatuan bangsa, berikan edukasi yang baik kepada masyarakat. Termasuk dalam persoalan wabah covid ini, sehingga masyarakat tidak mudah dipecah-belah," pesannya.

Artikel Asli