Hukum Baca Alquran Tanpa Memahami Maknanya

republika | Nasional | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 02:50
Hukum Baca Alquran Tanpa Memahami Maknanya

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Membaca Alquran dan sholawat atas nabi Muhammas Saw merupakan suatu ritual ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Karena, membaca Alquran akan mendatangkan pahala dan membaca sholawat memiliki banyak keutamaan.

Rasulullah sendiri menjanjikan bahwa orang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala 10 per huruf. Dalam hadis dari Ibnu Masud radhiyallahu anhu, Nabi Saw bersabda,

 

"Siapa yang membaca satu huruf dari al-Quran maka dia mendapat satu pahala. Dan setiap pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR. Turmudzi 3158 dan dishahihkan al-Albani)

Namun, bagaimana hukum membaca Alquran dan sholawat tanpa memahami maknanya?

Jawabannya dapat ditemukan di dalam kitab Nihayatuz Zain,

 

Imam al-Syanwani berkata, Pemuka kaum sufi berkata bahwa seseorang tidak akan mendapatkan pahala dzikir melainkan ia mengetahui maknanya dan menghayatinya meskipun itu secara umum, kecuali bacaan Alquran dan sholawat kepada Nabi Saw.

Imam Syanwani adalah seorang ulama Mazhab Syafii yang besar dalam abad ke-8. Ia merupakan sosok alim yang produktif. Diantara karya-karyanya adalah Hasyiah am-Syanwani ala al-Mukhtasar Abi Jamrah dan Hasyiah Syarah Abd al-Salam.

 

 

Artikel Asli