9 Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir

okezone | Nasional | Published at 16/08/2021 15:45
9 Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir

JAKARTA - Bencana banjir melanda sembilan desa di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh pada Minggu 15 Agustus 2021 pukul 22.57 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara melaporkan sembilan desa tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Deleng Pokhkinson, Bambel dan Babussalam.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops BNPB pada Senin (16/8/2021) pagi, di wilayah Kecamatan Deleng Pokhkinson terdapat empat desa terdampak, yakni Desa Penampakan, Kute Genting, Gusung Batu dan Tualang Lama.

Kemudian, dua desa terdampak di Kecamatan Bambel yakni Desa Bambel dan Bambel Gabungan. Tiga desa lainnya terdapat di Kecamatan Babussalam yakni Desa Batu Mbulan Asli, Batu Mbulan Sepakat dan Gumpang Jaya.

"Hasil kaji cepat oleh tim BPBD Aceh Tenggara, terdapat 163 jiwa atau 44 Kepala Keluarga (KK) terdampak, serta 44 unit rumah warga tergenang dengan Tinggi Muka Air (TMA) hingga 60 sentimeter," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Sementara belum ada laporan warga yang mengungsi akibat banjir ini. Berdasarkan laporan petugas di lapangan, kondisi di beberapa lokasi masih tergenang banjir. Selain melakukan kaji cepat, petugas juga berkoordinasi dengan instansi terkait dan bersama tim gabungan dibantu masyarakat bergotong-royong membersihkan material lumpur sisa banjir.

Banjir di wilayah Aceh Tenggara ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan meluapnya air Sungai Kali Bulan serta jebolnya tanggul sungai di beberapa desa.

Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara juga sempat terendam banjir bandang pada Minggu lalu. Saat itu, terdapat enam desa terendam banjir di wilayah Kecamatan Deleng Pokhkison yang menyebabkan sebanyak 148 kepala keluarga (KK) atau 474 jiwa warga di daerah ini ikut terdampak.

Artikel Asli