PPKM Level 4 Diperpanjang, Begini Keluh Kesah Suratinah si Penjual Ayam Geprek

okezone | Nasional | Published at 16/08/2021 21:09
PPKM Level 4 Diperpanjang, Begini Keluh Kesah Suratinah si Penjual Ayam Geprek

JAKARTA Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021 mendatang. Hal ini disampaikan langsung Menko Maritim Dan Investasi (Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan.

Suratinah salah satu pedagang kaki lima ayam geprek di kawasan Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, berharap kebijakan PPKM tidak dilanjutkan terus menurus. Pasalnya, kebijakan tersebut langsung berdampak pada dagangannya pasalnya dirinya menganggap banyak orang tak kunjung makan karena memerlukan surat.

Karena kalau orang makan, mereka jadi terikat makan atau tidak, karena harus pakai surat seperi itu, kalau pedagang (kaki lima) surat darimana? ujar Suratinah (75) Pedagang kaki lima, Senin (16/08/2021).

Foto/MPI

Menurutnya kebijakan PPKM membuat dagangannya harus ditutup lebih awal. Padahal, dagangannya sendiri baru dibuka menjelang petang hari.

Baru buka tenda aja jam segini, jam 10 nanti harus udah ditutup. Mau diapakan lagi? Kalau ada pelonggaran nanti, ya kembali normal, ada juga sedikit pemasukan buat kami, tuturnya.

Hal senada disampaikan, Rian salah satu karyawan swasta, dirinya mengharapkan kebijakan PPKM tidak diperpanjang. Menurutnya kebijakan PPKM membuat jenuh beberapa pihak.

Kalau saya rasa cukup saja ya, karena sebagai karyawan swasta, jenuh juga kerja dari rumah lama-lama, kata Rian ketika ditemui di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Namun Rian mengembalikan keputusan tersebut di tangan pemerintah. Lebih lanjut, apabila nantinya perlu diperpanjang, Rian menyoroti beberapa sektor yang perlu dilonggarkan.

Yang pertama sekolah, kalau liat keponakan saya di rumah, sekolah di rumah kayanya tidak efektif, lebih banyak mainnya, guru juga cuman ngasih tugas, sama mungkin mal untuk warga yang mau refreshing, makan di mal, lanjutnya

Artikel Asli