Per Hari, Mobil Vaksin Keliling Bisa Layani 500 Orang

jawapos | Nasional | Published at 16/08/2021 20:15
Per Hari, Mobil Vaksin Keliling Bisa Layani 500 Orang

JawaPos.com Mobil vaksinasi yang disiapkan Polrestabes dan Pemerintah Kota Surabaya siap beroperasi. Sebanyak 22 mobil akan disiagakan di berbagai titik di Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, mobil yang dihibahkan dari Polrestabes dan Pemkot Surabaya itu akan beroperasi per Senin (16/8) setelah diresmikan Kapolrestabes Surabaya Kombespol Ahmad Yusep Gunawan dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

Polrestabes ini inovatif dan banyak ide. Sehingga (vaksinasi) kita bisa sampai ke bawah (warga). Bagaimana kita sampai RW yang belum divaksin, kita punya datanya dari aplikasi. Sehingga dari kita melihat RW mana dulu yang disasar, tutur Eri.

RW dengan warga terbanyak yang belum divaksin akan menjadi sasaran pertama mobil gerai vaksin keliling. Dari data itu, pihaknya bisa mengetahui jumlah kelompok warga yang tidak bisa mengikuti vaksinasi di fasilitas kesehatan yang telah disiapkan.

Mobil vaksin keliling itu ditujukan bagi warga yang tidak bisa mendapatkan vaksin di luar rumah. Sehingga bisa lebih dekat dengan rumah warga. Jadi dari RW itu siapa dari lansia yang tidak bisa (ke faskes). Pos pasar-pasar. Nelayan yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya, mobil itu akan datang ke sana. Nanti kita yang bisa gerak dengan cara warga bisa mendaftar melalui call center 110, melalui puskesmas, RT, dan RW, jelas Eri.

Mobil vaksin keliling itu tidak hanya melayani warga Surabaya. Namun juga wilayah aglomerasi lain di Surabaya Raya. Eri menyebut beberapa wilayah.

Kami siap di Sidoarjo, Gresik, dan Lamongan, sebut Eri.

Ke depan, Pemkot Surabaya akan menyiapkan 10 mobil tambahan. Sehingga, terdapat 32 mobil vaksin keliling yang bersiaga. Insya Allah (menyiapkan) 10, nanti total ada 32 kita siapkan. Tapi nanti yang sudah disampaikan Kapolda, mobil ini akan dipakai di daerah mana ya kita jalankan, tutur Eri.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Ahmad Yusep Gunawan mengatakan, satu mobil bisa memberikan 300 sampai 500 dosis vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Sehingga sebanyak 11.000 vaksin ditargetkan bisa diberikan pada warga dalam waktu satu hari.

Jadi vaksinnya bisa di balai RT, balai RW, atau di kelurahan masing-masing. Harapannya bisa terakomodir dengan baik. Makin banyak yang divaksin, bisa memutus mata rantai Covid-19, ucap Kapolrestabes Yusep.

Artikel Asli