Gerebek Balap Liar di Margomulyo, Polisi Tangkap Puluhan Pemuda

jawapos | Nasional | Published at 16/08/2021 20:22
Gerebek Balap Liar di Margomulyo, Polisi Tangkap Puluhan Pemuda

JawaPos.com Jalan Margomulyo, Surabaya, selama ini kerap menjadi arena balap liar saat malam hingga dini hari. Aksi tersebut tak urung meresahkan warga sekitar dan para pengguna jalan. Kepolisian pun cepat merespons hal itu dengan menggelar operasi Minggu dini hari (15/8).

Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan membenarkan bahwa penggerebekan bermula dari laporan warga. Kedatangan petugas kepolisian membuat aksi balap liar sepeda motor tersebut berhenti. Puluhan pemuda dan sepeda motor diamankan. Sebagian lainnya melarikan diri.

Hari mengungkapkan, jajarannya menerjunkan puluhan petugas berseragam dan berpakaian preman. Mereka mengepung dari sisi selatan dan utara Jalan Margomulyo. Penggerebekan dilakukan pukul 01.20 Minggu dini hari. Mengetahui kami datang, mereka berusaha kabur, katanya.

Sebanyak 30 pemuda ditangkap. Dari penangkapan itu 21 sepeda motor diamankan. Mereka lantas digiring ke Mapolsek Asemrowo untuk menjalani pemeriksaan. Hasil pemeriksaan, lanjut Hari, tidak ditemukan satu pun barang terlarang. Seperti narkoba, senjata tajam, atau senjata api.

Meski begitu, mereka tidak begitu saja dibebaskan. Pihaknya meminta keluarga mereka datang ke kantor. Sekaligus dengan membawa kelengkapan surat-surat kendaraan. Setelah pihak keluarga datang, mereka baru dibebaskan. Tapi tidak untuk sepeda motornya. Kendaraan tersebut tetap diamankan sampai selesai waktu persidangan.

Hari menjelaskan, lokasi sepi serta kondisi infrastruktur jalan yang bagus membuat balap liar kerap terjadi di Margomulyo. Biasanya balap liar terjadi pada malam Minggu. Karena itu, operasi pekat rutin digelar. Sebab, selain membahayakan, balap liar dikhawatirkan dimanfaatkan para pelaku kriminal untuk menjalankan aksinya. Di antaranya peredaran narkoba dan perjudian.

Artikel Asli