Kuasai Afghanistan, Taliban Bebaskan Ribuan Napi ISIS dan Al Qaeda

jawapos | Nasional | Published at 16/08/2021 21:09
Kuasai Afghanistan, Taliban Bebaskan Ribuan Napi ISIS dan Al Qaeda

JawaPos.com Ribuan narapidana, termasuk mantan anggota ISIS dan Al Qaeda, dibebaskan dari penjara di pinggiran Kabul saat Taliban berhasil berkuasa di ibu kota Afghanistan tersebut. Pasukan pemerintah Afghanistan menyerahkan pangkalan udara Bagram kepada Taliban.

Pangkalan tersebut tedapat penjara Pul-e-Charki, dengan 5.000 tahanan di dalamnya. Tentu saja pembebasan itu cukup mengejutkan.

Sebuah sel dengan keamanan maksimum digunakan untuk menahan anggota Al Qaeda dan Taliban, kata laporan Bussiness Insider .

Rekaman yang diterbitkan oleh kantor berita independen Afghanistan, yang mendukung Taliban, tampaknya menunjukkan gerilyawan membiarkan para tahanan keluar. Penduduk setempat mengatakan mereka juga mendengar suara tembakan dari penjara tersebut.

Taliban berhasil berkuasa di Afghanistan, termasuk menduduki ibu kota Kabul. Penjabat Menteri Dalam Negeri Afghanistan Abdul Sattar Mirzakwal mengatakan negara itu sekarang memiliki pengalihan kekuasaan secara damai pada pemerintah transisi yang dipimpin oleh Taliban, seperti laporan Associated Press. Sementara, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Wakil Presiden Amrullah Saleh telah meninggalkan negara tersebut.

Artikel Asli