Rangkaian Kegiatan Pemprov Jatim di HUT Kemerdekaan RI

jawapos | Nasional | Published at 16/08/2021 21:12
Rangkaian Kegiatan Pemprov Jatim di HUT Kemerdekaan RI

JawaPos.com Pemprov Jatim selenggarakan rangkaian Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-76 di Gedung Negara Grahadi, pada Selasa (17/8) mulai pagi hari. Pelaksanaan upacara itu dipastikan akan tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satunya, dengan membatasi jumlah undangan.

Aries Agung Paewai, Plt Kabiro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Timur memastikan, pelaksanaan upacara berdasar arahan pemerintah pusat. Setiap daerah diperbolehkan menyelenggarakan upacara secara ketat dan terbatas sesuai dengan protokol yang diizinkan.

Ada 40 pasukan. Semua anggota TNI-Polri dengan swab antigen negatif. Petugas juga sudah negatif. Pasukan upacara dibatasi, terang Aries pada Senin (16/8).

Berbeda dengan masa sebelum pandemi, kali ini hanya ada 50 orang undangan. Jumlah itu disesuaikan dengan kapasitas halaman teras Gedung Negara Grahadi. Bagi pejabat seperti gubernur yang sudah berganti jabatan, disiapkan undangan virtual.

Petugas pasukan pengibar bendera merupakan perwakilan dari kabupaten/kota. Total sebanyak 76 orang. Mereka dibagi masing-masing upacara pagi sebanyak 38 orang dan 38 untuk upacara sore harinya saat penurunan bendera, beber Aries.

Sementara itu, untuk petugas atau pasukan paduan suara, hanya ada 30 orang. Padahal biasanya terdapat 250 orang yang diundang.

Upacara kita mulai pukul 08.00 WIB. Seluruh ASN di Jatim juga diwajibkan untuk mengikuti upacara secara virtual. Kemudian pukul 10.00, Ibu Gubernur akan mengikuti secara virtual upacara dari istana, ujar Aries.

Agenda terakhir adalah upacara penurunan bendera pada pukul 16.30 WIB.Lalu pada 17.30, Gubernur Khofifah mengikuti upacara virtual bersama presiden, ucap Aries.

Artikel Asli