Warga Perak Timur dan Perak Utara, Siap-Siap Saja untuk Ganti KTP

jawapos | Nasional | Published at 16/08/2021 21:17
Warga Perak Timur dan Perak Utara, Siap-Siap Saja untuk Ganti KTP

JawaPos.com Jumlah kelurahan di Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, bakal berkurang. DPRD menuntaskan pembahasan raperda merger Kelurahan Perak Timur dan Utara pekan lalu. Merespons hal itu, Pemkot Surabaya menargetkan penggabungan dua kelurahan di kawasan pelabuhan dimulai tahun ini.

Sosialisasi merger dilakukan sejak 2018. Pemkot telah mengumpulkan pengurus RT/RW dan tokoh masyarakat untuk meminta pendapat. Hingga kini, tidak ada penolakan dari warga di dua kelurahan yang jumlah penduduknya mencapai 52 ribu jiwa itu. Mereka setuju untuk mengganti alamat.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemkot Surabaya Achmad Zaini menjelaskan bahwa anggota legislatif menyetujui usulan terkait merger. Selanjutnya, pemkot meminta persetujuan gubernur Jatim. Setelah lahir perda, kami akan melakukan sosialisasi lagi secara intens kepada masyarakat. Termasuk bagaimana mekanisme pergantian KTP nanti, ujar Zaini.

Lantas, apakah merger bisa dilakukan tahun ini? Zaini menjawab optimistis. Persiapan penggabungan sudah matang. Tidak ada kendala karena pemkot sudah pernah melakukannya, tegasnya.

Terkait pergantian alamat, lanjut Zaini, pemerintah sudah membuat mekanisme yang bisa ditempuh masyarakat. Perubahan KTP akan dilakukan secara kolektif melalui RT/RW. Zaini menjelaskan bahwa proses pergantian alamat akan dibantu sepenuhnya oleh Dispendukcapil Surabaya.

Selama ini langkah-langkah mekanisme perubahan alamat memang menjadi pertanyaan masyarakat di dua kelurahan. Warga tak ingin mendapat kesulitan gara-gara kebijakan merger. Begitu pula pemilik usaha di kawasan pelabuhan yang jumlahnya ribuan. Mereka berharap ada kemudahan dalam mengurus surat-surat setelah kelurahan berganti nama.

Zaini menjelaskan, ada proses yang harus dilalui sebelum penggantian alamat. Pemkot akan membangun gedung pelayanan terlebih dahulu. Selain itu, pemerintah akan mengisi pegawai sebelum melakukan penggantian KTP secara massal.

Lurah Perak Utara Tri Sukoyono menambahkan, nama baru kelurahan sudah klir. Yakni, Kelurahan Tanjung Perak. Kantornya nanti berada di Jalan Kalimas Baru. Ada gedung yang akan dibangun, kata Tri.

Lokasi tersebut, lanjut dia, dipilih karena mewadahi aspirasi masyarakat di dua kelurahan. Warga ingin posisi kantor kelurahan berada di tengah-tengah. Dengan begitu, mereka tidak kejauhan saat mengurus administrasi kependudukan.

Artikel Asli