Akhirnya SDN Torok Aik Belek Praya Barat Daya Diperbaiki

lombokpost | Nasional | Published at 16/08/2021 23:45
Akhirnya SDN Torok Aik Belek Praya Barat Daya Diperbaiki

PRAYA-Setelah rusak parah bertahun-tahun, tiga ruang kelas SDN Torok Aik Belek di Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah akhirnya diperbaiki. Di sekolah itu murid kelas I dan II digabung jadi satu ruangan untuk belajar. Sedangkan kelas lain menyesuaikan.

Saat ini sedang proses pembangunan, tandas Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng Lalu Muliawan pada Lombok Post , kemarin (15/8).

Dikatakan, perbaikan dikerjakan oleh Dinas PUPR Loteng dari dana alokasi khusus (DAK). Sementara disdik sebatas pendampingan dan pengawasan administrasi. Disdik berharap, beberapa bulan ke depan sekolah yang berdiri di pinggir pantai Torok Aik Belek tersebut sudah bisa digunakan.

Pantauan Lombok Post , di sekolah itu dua ruang kelas diantaranya sudah tidak terlihat lagi atapnya. Kecuali tembok yang sudah hampir rapuh. Kerusakan terjadi sejak tahun 2013 lalu. Sedangkan satu ruang kelasnya lagi, kayu dan genteng sudah jebol. Yang masih utuh hanya di teras saja.

Kerusakan terjadi sejak tahun 2016. Sisanya dua ruang kelas masih utuh. Tapi, kalau tidak dilakukan peremajaan, maka tinggal menunggu waktunya saja rusak.

Kata Muliawan, agar proses belajar mengajar di tempat itu tidak terganggu, maka disdik mengatur jam belajar dengan siswa SMPN 8 Praya Barat Daya. Bangunan SMP itu sendiri berdiri di satu lahan yang sama dengan SDN Torok Aik Belek.

Begitu ruang kelas sudah dipakai siswa SMP, maka siswa SD masuk belajar. Begitu seterusnya. SDN Torok Aik Belek telah ditetapkan sebagai sekolah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Sinyal handphone saja tidak ada. Kecuali harus mencarinya di dataran tinggi atau diperbukitan.

Prinsipnya, cepat atau lambat kita pasti memperhatikan kekurangan yang ada, ujar Sekretaris Disdik Loteng tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Loteng Muhammad Zarkasi mengatakan, Desa Montong Ajan menjadi satu dari lima desa di Loteng yang tidak tersentuh sinyal komunikasi atau blank spot. Empat desa lainnya yakni, Desa Tumpak, Desa Mekar Sari, Desa Selong Belanak dan Desa Lantan.

Untuk mengatasinya Kementerian PUPR RI turun tangan membantu lewat bantuan program kawasan pedesaan prioritas nasional (KPPN). Karena biar bagaimana pun desa-desa itu menjadi penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. (dss/r5)

Artikel Asli