Cegah Maling, Warga Jonggat Aktifkan Ronda Malam

lombokpost | Nasional | Published at 16/08/2021 23:41
Cegah Maling,  Warga Jonggat Aktifkan Ronda Malam

PRAYA-Satu per satu desa-desa di Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah didatangi polisi. Tujuannya untuk mengajak warga desa ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kali ini, kita turun ke Desa Nyerot, kata Kapolsek Jonggat Iptu Bambang Sutrisno, Sabtu (14/8).

Pihaknya bertemu para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Mereka diminta menjadi ganda terdepan memberikan contoh. Saya ingin ronda malam diaktifkan lagi, tandas Babe -panggilan akrabnya.

Dia melihat, sebagian besar desa-desa binaannya sudah bermalas-malasan menggelar ronda malam. Padahal, rodan mampu mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Baik pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan pemberatan (curat) maupun pencurian dengan kekerasan (curas).

Sementara itu, Kapolsek Praya Barat AKP Herry Indrayanto mengatakan, jajarannya semakin gencar melaksanakan patroli. Tidak saja malam hari, tapi pagi hingga sore hari. Hasinya, polisi berhasil membubarkan siswa SMA yang bersiap-siap tawuran di jalan masuk Bendungan Batujai.

Tolong para orang tua lebih ketat mengawasi anak-anaknya di rumah, seru Herry.

Langkah yang sama dilakukannya di seluruh objek-objek wisata. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyama bagi wisatawan yang datang.

Dia menekankan, yang terpenting wisatawan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Salah satunya, wajib memakai masker. Jika tidak, maka tidak diperkenankan masuk ke objek wisata.

Sebagaimana kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), ujarnya. (dss/r5)

Artikel Asli