13 Tahun SMKN 1 Sikur, Doa Bersama dan Menyantuni Anak Yatim

lombokpost | Nasional | Published at 16/08/2021 23:32
13 Tahun SMKN 1 Sikur,  Doa Bersama dan Menyantuni Anak Yatim

Peringatan hari jadi SMKN 1 Sikur yang ke-13 dilaksanakan tepat pada tanggal 13 Agustus 2021. Tanggal itu jatuh pada hari Jumat. Di mana, hari Jumat merupakan hari dilantiknya Kepala Sekolah SMKN 1 Sikur yang baru Hasbi Ahmad.

Fatih Kudus Jaelani, Lombok Timur

Ketepatan-ketepatan hari dan tanggalan itu ditafsirkan menjadi waktu paling berkah oleh Kepala Dinas Cabang Dikbud Lotim H Mashun. Menurutnya, di usia ke-13, SMKN 1 Sikur dengan kepala sekolah yang baru Hasbi Ahmad diharapkan dapat membuktikan potensi besarnya sebagai SMK program keunggulan di Lotim.

Harapan besar itu ia sampaikan pada acara peringatan hari jadi SMKN 1 Sikur ke-13, pada 13 Agustus lalu. Menurutnya, SMKN 1 Sikur yang setiap hari menampakkan kemajuannya mendapatkan momen keberkahan di hari jadi yang ke-13 ini. Di mana peringatan hari jadi yang dilaksanakan tepat pada tanggal 13 merupakan wujud dari momentum yang tak terlupakan. Semoga hari ini mejadi hari yang barokah dan membawa rahmat, ucap Mashun.

Di mata seorang guru seperti Mashun, SMKN 1 Sikur memiliki cerita yang menarik dalam tahapan pembangunannya. Perkembangannya dibanding dengan sekolah lain yang berusia jauh di atasnya terbilang cukup pesat. Mashun juga mengapresiasi keberadaan komite sekolah yang sejak awal mendukung penuh pembangunan sekolah yang berada di Desa Sikur, Kecamatan Sikur itu.

Ketua Komite SMKN 1 Sikur Ahmad Sayuti menuturkan, salah satu langkah yang dilakukan untuk mewujudkan percepatan pembangunan adalah dengan melibatkan kepedulian warga. Tanpa ada paksaan, ia menawarkan kepada siswa untuk beramal. Sifatnya tidak memungut. Tapi berapapun ikhlasnya siswa, jelasnya.

Hasil dari sumbangan orang tua melalui siswa tersebut digunakan untuk membeli lahan guna perluasan bangunan sekolah. Dengan nominal satu dua ribu, sekarang uang tersebut sudah terkumpul Rp 25 juta. Di mana tanah yang dibutuhkan seluas 5 are dengan harga Rp 50 juta per are. Sejak awal, kita mengedepankan kebersamaan untuk membangun sekolah ini, tutur Sayuti yang juga menjadi Kades Sikur itu.

Kepala SMKN 1 Sikur Ahmad Hasbi menerangkan, fokus program sekolah yang dipimpinnya adalah seni ekonomi kreatif. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri baginya. Ia menjelaskan, peringatan hari jadi ke-13 SMKN 1 Sikur dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dzikir dan doa dan pemberian santunan pada anak yatim.

Selain itu, dalam waktu dekat ia juga akan meresmikan gerai tefa pastry SMKN 1 Sikur. Launching ini menjadi kegiatan puncak peringatan hari jadi SMKN 1 Sikur yang ke 13, jelasnya. (*/r5)

Artikel Asli