Menginap di Mataram Tamu Hotel Tak Perlu Tes PCR

lombokpost | Nasional | Published at 16/08/2021 22:54
Menginap di Mataram Tamu Hotel Tak Perlu Tes PCR

MATARAM-Pemkot Mataram memberikan kelonggaran bagi tamu yang menginap di hotel-hotel Kota Mataram. Pengunjung tidak harus menunjukkan hasil tes PCR (Polymerase Chain Reaction).

Kalau seperti ini sangat memberatkan pelaku usaha. Sekarang tamu yang nginap di hotel tinggal nunjukkan hasil swab antigen atau kartu vaksin, kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana.

Dia menegaskan, saat ini tidak ada lagi keharusan tamu hotel menunjukkan hasil tes PCR sebagai syarat untuk menginap di hotel. Kebijakan ini dilakukan karena Kota Mataram saat ini sudah berada pada zona pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Sehingga dilakukan penyesuaian sesuai regulasi.

Kalau dulu setiap tamu hotel harus menunjukkan hasil tes PCR. Karena saat itu mengharuskan kita menerapkan aturan tersebut. Tapi sekarang sudah ada kelongaran, urai Mohan.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi menuturkan, kebijakan yang dikeluarkan Wali Kota Mataram menjadi angin segar bagi para pelaku pariwisata, khususnya hotel. Karena menurutnya, kebijakan ini bisa memudahkan dan meringankan wisatawan yang akan datang ke Mataram.

Kita berharap dengan kebijakan ini okupansi hotel bisa membaik, harapnya.

Denny sudah memberikan surat edaran kepada pengusaha hotel, baik hotel berbintang maupun nonbintang melakukan penyesuaian. Memang sejauh ini kata dia, pengusaha hotel keberatan dengan aturan tamu harus menunjukkan hasil tes PCR. Tes PCR ini biayanya kan mahal, kata dia. (jay/r3)

Artikel Asli