Hanya Hitungan Jam, Akhirnya Macan Dahan di Kandangan Berhasil Ditangkap

apahabar.com | Nasional | Published at 16/08/2021 22:48
Hanya Hitungan Jam, Akhirnya Macan Dahan di Kandangan Berhasil Ditangkap

apahabar.com, KANDANGAN Hanya hitungan jam, setelah Macan Dahan pertama kali dilihat warga Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), hewan buas itu akhirnya berhasil ditangkap, Senin (16/8) malam.

Macan Dahan berukuran besar itu kini diamankan petugas di lapangan dalam sebuah kerengkeng besi. Sejumlah warga nampak berkerumun untuk melihat hewan buas itu lebih didekat.

Mereka rata-rata mengabadikannya dalam rekaman video. Video itu kemudian tersebar luas, dan menyebutkan bahwa Macan Dahan sudah berhasil diamankan petugas di lapangan.

Penampakannya Macan Dahan itu cukup buas. Selain memiliki warna kulit belang yang khas, juga taring yang tajam. Selain itu, suaranya cukup menakutkan.

Kapolsek Kandangan Iptu Purwadi menjelaskan, keberhasilan penangkapan tersebut atas kesigapan warga dan tim gabungan dari relawan, BPBD HSS, Polsek Kandangan, TNI bersama BKSDA Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kurang dari 124 jam berhasil dievakuasi, sekarang sudah diamankan di Mapolsek Kandangan, kata Iptu Puwardi kepada apahabar.com, barusan.

Macan dahan dengan nama latin Neofelis Diardi Borneensis ini dievakuasi warga dengan cara menjebak menggunakan jaring di bawah.

Padahal, lanjut Iptu Purwadi, terakhir sekitar pukul 20.00 WITA tadi, Macan Dahan sempat berada di pucuk pohon kelapa.

Rencananya besok dokter hewan dari Dinas Pertanian HSS bakal memeriksa kondisi Macam Dahan sebelum diserahkan ke BKSDA Kalsel.

Akan kami serahkan nanti, apakah di lepas atau akan di karantina dulu, pungkasnya.

Pertama kali Mancan Dahan itu muncul dan dilihat warga Desa Banyu Berau RT 7 LK 4, Kelurahan Kandangan Barat, Kecamatan Kandangan, Senin siang, sekitar pukul 14.00 WITA.

Saksi yang pertama kali melihat menyampaikan bahwa pihaknya tak menyangka ada seekor hewan bertengger di atas pohon.

Yulianita (40) menuturkan pertama melihat ketika hendak beristirahat siang bersama suami.

Awalnya kami sedang rebahan di kamar, kemudian melihat dari jendela belakang ada binatang yang memanjat, kata Yulianita.

Suaminya bernama Hamdan (65) pun awalnya tak percaya. Rupanya hewan itu adalah macan dahan sedang beristirahat di atas pohon rambutan.

Suami tidak percaya, dilempar batu tidak bergerak, ungkapnya.

Setelah itu, Yulianita akhirnya mengabarkan kepada tetangga memastikan hewan apa yang sedang di atas pohon.

Baru kemudian banyak orang datang ke belakang rumah melihat langsung, pungkasnya.

BKSDA Kalsel Curiga Macan Dahan di Kandangan Hewan Peliharaan Lepas

Artikel Asli