Baca Puisi Secara Daring untuk Menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI

suarasurabaya | Nasional | Published at 16/08/2021 20:25
Baca Puisi Secara Daring untuk Menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Ada banyak cara untuk menyambut peringatan HUT ke-76 Kemedekaan Republik Indonesia, di tengah pelarangan lomba maupun malam tirakatan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Salah satunya dengan membacakan puisi bertema kepahlawanan untuk Indonesia dan para pahlawan bangsa secara virtual, seperti dilakukan 76 warga SMPN 4 Surabaya (Spenfora), Senin (16/8/2021).

Tidak hanya siswa, tapi guru, orang tua siswa dan alumni SMPN 4 Surabaya turut serta dalam kegiatan ini. Supaya semua pihak, tidak hanya siswa dan guru saja, yang merasakan nuansa kemerdekaan.

Puisi yang dibacakan bisa karya sendiri atau puisi karya orang lain yang bertema kemerdekaan atau kepahlawanan. Peserta boleh memilih sendiri puisi apa yang akan mereka bacakan.

Selain mensyukuri kemerdekaan yang bisa dinikmati sampai sekarang, kegiatan pembacaan puisi ini juga penghormatan bagi perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, kata Mochamad Kelik Sjahroen Kepala SMPN 4 Surabaya.

Di masa pandemi Covid-19 yang belum usai, kegiatan secara langsung memang dibatasi. Sebelum pandemi kegiatan lomba jadi bagian tak terpisahkan dalam perayaan kemerdekaan di SMPN 4 Surabaya.

Kegiatan pembacaan puisi kali ini, kata Kelik, menjadi wadah dan cara untuk mengajak para siswa SMPN 4 Surabaya agar belajar dan menyukai budaya literasi.

Kami pada kesempatan ini juga ingin mengingatkan tentang budaya literasi kepada siswa dan masyarakat, kata Kelik.(tok/den)

Artikel Asli