Peran Hamid Gul dan Lahirnya Taliban

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 20:02
Peran Hamid Gul dan Lahirnya Taliban

IHRAM.CO.ID, Ada sedikit peran sosok Hamid Gul dibalik keberhasilan Afganistan mengusir pendudukan Uni Soviet. Gul memimpin Antar-Dinas Intelijen (ISI) Pakistan pada 1987-1989 selama masa terakhir pendudukan Soviet di Afghanistan. Gul yang melatih pejuang Afghanistan melawan Soviet dan membantu menciptakan kelompok Taliban.

Pada masa pensiunnya, ia masih terlihat sebagai sosok dengan pola pikir pendirian dan intelijen militer kuat di Pakistan. Menyusul penarikan Soviet dari Afghanistan pada 1989, negara itu kemudian meluncur ke dalam kekacauan.

Pejuang Taliban dilatih di Pakistan secara bertahap. Gul tidak hanya memberikan pelatihan militer dan ikut berperan aktif bersama tokoh-tokoh lain dalam membesarkan Taliban, sebuah kekuatan baru di Afghanistan yang berbasis pelajar, tetapi juga memasukkan ideologi-ideologi kuat.

Gul berhasil membesarkan dan menciptakan mesin politik dan militer baru Afghanistan, yakni Taliban. Tak heran jika beberapa media Barat menyebut Gul sebagai the Godfather of Taliban.

Artikel Asli