Prabowo Ajak Semua Bersatu Indonesia Sedang Di Fase Kritis

rm.id | Nasional | Published at 16/08/2021 19:23
Prabowo Ajak Semua Bersatu Indonesia Sedang Di Fase Kritis

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyerukan semua pihak untuk tetap bersatu dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Kita harus bersatu hadapi pandemi ini. Kita bisa atasi ini. Kita akan lebih kuat dan lebih baik," ungkap Prabowo saat menyampaikan pidato kebangsaan dalam rangka HUT ke-50 Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang digelar secara daring, Senin (16/8).

Semangat persatuan, papar Menteri Pertahanan, telah dicontohkan para pendiri bangsa. Para pendahulu kita mampu menyatukan ratusan suku, budaya, bahasa daerah dan berbagai agama, sehingga lahirnya Indonesia. Ditegaskannya, persatuan tersebut harus disyukuri. Karena masalah suku, ras, dan agama sering kali menjadi sumber perpecahan di banyak negara.

Prabowo mengingatkan, banyak riset ahli sejarah menyebutkan banyak bangsa mengalami kondisi kritis ketika berusia 70-100 tahun. Dan, Indonesia kini tengah berada dalam fase tersebut.

"Kita sedang di masa-masa kritis. Apakah kita seterusnya survive sebagai bangsa, atau kita mengalami degradasi, bahkan disintegrasi?," ucapnya.

Karena itu, Prabowo mengajak seluruh kalangan tidak melupakan hasil perjuangan generasi pendiri bangsa atau angkatan 45. Bahkan, semestinya semua harus meneladaninya.

"Sebaliknya, jangan kita anggap itu tumbuh sendiri datang, we cannot take it for granted ," tandasnya.

Dalam acara HUT CSIS ini, turut hadir para pendiri CSIS seperti Harry Tjan Silalahi, Yusuf Wanandi, dan Sofjan Wanandi. [SRF]

Artikel Asli