Total 7.756 Anak di Jateng Kehilangan Orang Tua Akibat Covid

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 19:00
Total 7.756 Anak di Jateng Kehilangan Orang Tua Akibat Covid

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Gubernur Ganjar Pranowo menyebut 7.756 anak di Jawa Tengah (Jateng) kehilangan orang tuanya akibat pandemi Covid-19. Hari ini, Pemprov Jateng meluncurkan program bantuan untuk anak korban Covid-19.

"Dari data yang dihimpun, sudah by name by address ," kata Ganjar di saat peluncuran program "Aku Sedulurmu" di Semarang, Senin (16/8).

Ganjar menjelaskan tentang adanya beberapa skenario yang disiapkan untuk mendukung biaya pendidikan anak-anak tersebut. Opsi pertama, kata dia, pembiayaan melalui penganggaran di APBD JawaTengah.

Ia menjelaskan, usulan telah disampaikan ke DPRD Jawa Tengah tentang pembiayaan untuk keperluan sehari-hari, keperluan sekolah, atau apapun itu. Opsi lainnya, kata dia, pembiayaan melalui Baznas atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Politikus PDIP tersebut juga membuka kemungkinan inisiasi ASN menjadi orang tua asuh bagi anak-anak tersebut. Menurut dia, Polda Jawa Tengah telah mengambil kesempatan tersebut untuk membantu anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19.

Melalui program "Aku Sedulurmu", Polda Jawa Tengah membantu biaya pendidikan 333 anak yang kehilangan orang tuanya akibat Covid untuk menuntaskan pendidikannya mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA.

Artikel Asli