Kukuhkan 32 Paskibraka Gubernur: Terus Kembangkan Diri

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 18:53
Kukuhkan 32 Paskibraka Gubernur: Terus Kembangkan Diri

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG--Bertindak sebagai pemimpin upacara atau Danton pada malam pengukuhan ini yakni Degita Nabilah Yolanda, siswa asal SMA Negeri 1 Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Sebelum kegiatan pengukuhan, mereka mengawali dengan mengucapkan Ikrar Putra Indonesia.

Gerak langkah yang tegas dan lugas, mata menatap lurus ke depan, dan sikap tegak sempurna diperlihatkan 32 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Bangka Belitung (Babel) 2021, pada malam pengukuhan di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Ahad (15/8).

Puluhan putra/putri terbaik Babel ini dikukuhkan secara langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman ditandai dengan penyematan kendit dan pin Merah Putih Garuda (MPG) kepada salah satu perwakilan Paskibraka.

Gubernur Erzaldi dalam sambutannya menyebutkan dengan dikukuhkannya anggota Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 di Halaman Kantor Gubernur lusa nanti (17/8), akan menjadi tantangan tersendiri untuk terus mengembangkan diri.

"Salah satu tantangan menurunnya peran serta kreatifitas pemuda saat ini adalah sikap, terutama iman dan takwa. Penurunan kreatifitas ini akan berdampak pada proses pembangunan daerah," katanya.

Untuk itu, perlu adanya rasa kebanggaan dalam diri anggota Paskibraka sebagai orang terpilih dalam seleksi dengan tahapan yang ketat. Kegiatan Paskibaraka, lanjut gubernur menjadi wadah yang tepat untuk mengembalikan penurunan yang terjadi saat ini, dengan membina potensi muda-mudi.

Gubernur juga mengingatkan agar antar anggota Paskibraka selalu dapat menjaga kekerabatan, kekeluargaan yang sudah ditempa selama menjalani masa pelatihan, serta mengenyampingkan sikap egois kepada sesama anggota.

"Selaku gubernur dan atas nama Pemprov Babel, saya mengingatkan agar adik-adik Paskibraka bisa saling mengingatkan, bahu-membahu membuka wawasan. Saling asah, asih dan asuh dalam melaksanakan kegiatan Paskibraka," katanya.

"Selamat menjalankan tugas pada peringatan 17 Agustus 2021, semoga tugas yang akan diemban dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya demi keberlangsungan dan kejayaan Indonesia ke depan," kata gubernur menambahkan.

Acara malam pengukuhan anggota Paskibraka Provinsi Babel tahun 2021 ini juga dihadiri Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen M. Jangkung, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Danlanal Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, Danlanud Babel Letkol NAV Rudi Hartono, Wakajati Babel, dan Kepala Perangkat Daerah Pemprov. Babel.

Artikel Asli