Kisah inspiratif anak tukang cukur jadi Taruna Akmil, penuh kegigihan

brilio.net | Nasional | Published at 16/08/2021 18:31
Kisah inspiratif anak tukang cukur jadi Taruna Akmil, penuh kegigihan

Brilio.net - Menjadi seorang Taruna Akmil adalah impian banyak orang. Namun, bukan hal yang mudah untuk mendapatkannya. Diperlukan kegigihan dan niat yang kuat untuk dapat lolos.

Sama halnya dengan yang dibuktikan oleh Sersan Taruna Yanwar Jumowo. Anak dari seorang tukang cukur itu mengaku yakin dengan keinginannya untuk menjadi seorang Taruna Akademi Militer TNI AD.

Menariknya hal ini bermula saat ia menyaksikan kegagahan para prajurit TNI. Selain itu, Yanwar pun juga semakin tertarik untuk terjun menjadi Taruna ketika melihat para tentara menaiki tank dalam parade alutsista. Saat itulah ia menyatakan ingin menjadi seorang prajurit TNI.

"Karena keinginan dari saya sendiri dan karena saya senang melihat prajurit tentara yang gagah menaiki tank-tank, saat diajak ayah saya melihat alutsista TNI. Saat di sana saya bilang, ayah, saya ingin menjadi seperti orang itu, saya menunjuk tentara yang sedang menaiki tank," ucapnya seperti dilansir brilio.net dari channel YouTube TNI AD pada Senin (16/8).

foto: YouTube/TNI AD

Yanwar membuktikan keinginan kuatnya dapat mengantarkan dirinya lulus menjadi Taruna Akademi Militer TNI AD. Hal ini didukung dengan kerja dan ketekunan selama masa pelatihan.

Berbagai latihan lari, hingga kegiatan kebugaran yang menguras tenaga dilakukan dengan sungguh-sungguh. Diakui Yanwar, ia tidak bisa bersantai selama proses meraih mimpinya. "Di sini tidak bisa santai-santai, semua dibatasi dengan waktu, semua kegiatan di sini terprogram dengan baik," ujar Yanwar.

foto: YouTube/TNI AD

Di balik kesuksesan itu, Yanwar pun juga mendapat dukungan penuh dari sang ayah, Tarman. Ketika mendengar kemauan sang putra, ia pun berusaha untuk mendampingi semaksimal mungkin.

Tarman yang memiliki hobi berlari, mengajak Yanwar untuk berlatih demi menunjang kemampuan anaknya itu. Olahraga renang juga dilakukan ayah anak tersebut secara bersamaan.

Diakui Tarman, banyak orang yang mempertanyakan bagaimana seorang tukang cukur dapat mengantarkan anaknya untuk menjadi Taruna Akmil. Hal ini juga dijelaskan Tarman bahwa untuk menjadi prajurit TNI bisa dilakukan siapa saja, asalkan memiliki keinginan dan kegigihan yang kuat.

foto: YouTube/TNI AD

"Seperti kata pimpinan-pimpinan, pak Tarman sudah membuktikan kalau masuk taruna itu tanpa duit, yang penting usaha normal, doa. Jadi kalau ada yang ngomong pakai duit itu salah, keliru itu," jelas Tarman.

Artikel Asli