Bacok Polisi-Kabur ke Meratus, Penganiaya Polisi Balangan Dikirim ke RSJ

apahabar.com | Nasional | Published at 16/08/2021 18:03
Bacok Polisi-Kabur ke Meratus, Penganiaya Polisi Balangan Dikirim ke RSJ

apahabar.com, BALANGAN Insiden pembacokan anggota Briptu Hermawan masih menjadi buah bibir. Terbaru, Nayan (NY), pelaku penganiayaan anggota Polsek Awangan itu resmi masuk rumah sakit jiwa (RSJ).

Pemuda 25 tahun itu dikirim pihak kepolisian ke RSJ di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (16/8) sekitar pukul 15.30 karena terindikasi mengalami gangguan jiwa.

Berdasar perkiraan kepolisian, observasi kejiwaan akan berlangsung hingga 14 hari ke depan. Observasi kejiwaan juga bagian dari penyelidikan kepolisian untuk mengetahui motif pelaku membacok polisi.

Sekarang kita tunggu hasil pemeriksaan kejiwaannya. Nanti kalau sudah ada hasilnya, saya sampaikan, ujar Kapolres Balangan AKBP Zaenal Ariffin dihubungi apahabar.com, Senin sore.

Dugaan gangguan kejiwaan terungkap setelah NY berhasil ditangkap tim gabungan Macan Kalsel.

Tiga hari melarikan diri ke hutan Meratus di kabupaten tetangga, NY ditangkap di kediaman orang tuanya, Desa Kambiayin, RT 01, Tebing Tinggi, Balangan.

Meski telah berada di rumah orang tuanya, tak mudah untuk polisi menangkap NY. AKP Endris dkk butuh pendekatan ekstra ke pihak keluarga.

Anak saya jangan diapa-apain. Kasihan, ada kelainan, ujar ibunda pelaku.

Melihat hal itu Endris bersama Iptu Krismandra, Kasat Reskrim Polres Balangan melakukan pendekatan ke ibunda korban.

Kami ajak ibunya untuk ikut antar ke Polres. Untuk memastikan kalau anaknya aman, ujar Endris, Kanit Opsnal Jatanras Macan Kalsel itu.

Hingga akhirnya, bersama parang yang diduga digunakan untuk menganiaya Briptu Hermawan, NY diamankan ke Polres Balangan.

Alhamdulillah, tersangka diamankan berkat keberhasilan tim gabungan dan tentu saja tidak terlepas dari tokoh-tokoh masyarakat serta keluarga tersangka, ucap AKBP Zaenal Arifin, terpisah.

Pembacokan bermula pada Rabu (11/8) ketika Briptu Hermawan hendak mengamankan NY ke dalam Mapolsek Awayan.

NY diamankan usai membacok punggung tetangganya sendiri di Desa Kambiayin, RT 01, Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

NY kemudian diantarkan oleh keluarganya menuju Mapolsek Awayan untuk menyerahkan diri. Nahas saat keluarganya meninggalkan Mapolsek, NY justru mengeluarkan senjata tajam. Ia menganiaya Hermawan hingga mengalami luka sabetan di bagian pelipis.

Artikel Asli