JK Soal Hubungan Indonesia dan Taliban

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 17:45
JK Soal Hubungan Indonesia dan Taliban

IHRAM.CO.ID,JAKARTA - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) yakin bahwa pemerintah Indonesia akan melanjutkan hubungan diplomatik dengan Afghanistan meski pemerintahan kini dikuasai Taliban. JK menegaskan bahwa hubungan diplomatik Indonesia dan Afghanistan bukan berdasarkan pemerintahan di sana, dalam hal ini Taliban ataupun Pemerintah Afghanistan.

"Hubungan diplomatik saya kira tidak akan terputus dengan pemerintahan siapapun (Taliban/Afghanistan), hubungan kita antara negara bukan pemerintahan," ujar JK pada pengarahan secara virtual, Senin (16/8)..

Menurut JK, hubungan diplomatik RI dengan Afghanistan didasarkan kepada hubungan dengan kesatuan negara. "RI berhubungan diplomatik dengan Afghanistan sebagai negara bukan pemerintahan siapa, atau siapa. Waktu Taliban berunding, kita juga ada, dan begitu pemerintah Afghanistan berunding kita juga ada," tuturnya.

JK mengatakan, ketika Taliban berkuasa pada 1996-2001, Indonesia tetap mempertahankan kantor kedutaan di Kabul. Setelah Taliban mundur pun, hubungan diplomatik dengan Indonesia terus berjalan hingga masa Presiden Ashraf Ghani.

Artikel Asli