Dosen Universitas BSI Raih Digital Talent Scholarship 2021

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 17:19
Dosen Universitas BSI Raih Digital Talent Scholarship 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Amin Nur Rais, Dosen Program Studi Teknologi Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dinyatakan lulus seleksi Program Digital Talent Scholarship 2021. Program ini merupakan program pelatihan pengembangan kompetensi yang telah diberikan kepada talenta digital Indonesia sejak tahun 2018.

Amin mengatakan, kegiatan ini di desain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix (pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Ada beberapa akademik dalam Program Digital Talent Scholarship 2021, salah satunya adalah Thematic Academy (TA) yang lebih menspesifikasikan pada sektor industri/kalangan tertentu, yang silabusnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri, ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (16/8).

Ia mengaku, bahwa program digitalent scholarship yang diambilnya adalah program Thematic Academy (TA) dengan tema Associate Data Scientist: Artificial Intelligence, mempelajari bagaimana cara menambahkan sebuah kecerdasan yang ditanamkan pada sebuah sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah.

Program ini dilaksanakan secara online melalui laman LMS yang telah disediakan oleh panitia, dan disupport dengan group telegram per kelas sesuai dengan program yang diambil. Adapun interaksi secara langsung dan penjelasan tiap materi dilakukan tiap hari sabtu dan minggu selama bulan Agustus sampai September 2021 melalui aplikasi zoom, jelas Amin.

Menurutnya, untuk sampai ditahap ini, ia telah melalui beberapa proses, mulai dari pendaftaran melalui laman https://digitalent.kominfo.go.id/ yang telah dilaksanakan sejak tanggal 21 Juni 2021-12 Juli 2021.

Dilanjutkan dengan melengkapi berkas administrasi sesuai dengan kelas yang diambil, lalu proses seleksi administrasi, lanjut ke seleksi substansi, dan sampai di tahap dinyatakan lulus seleksi dan dilanjutkan dengan mengikuti kelas sesuai jadwal dan tema yang dipilih.

Menanggapi hal ini, Kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI, Rachmat Adi Purnama mengatakan sangat bangga dan mendukung penuh dosen-dosen yang memiliki talenta. Kami civitas akademik Universitas BSI sangat bangga dan mendukung penuh dosen-dosen yang memilik talenta dan prestasi, dalam hal ini pak amin yang lulus seleksi program Digital Talent Scholarship, tutur Rachmat.

Artikel Asli