Cara Menanamkan Konsep Kemerdekaan untuk Anak Usia Dini

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 14:56
Cara Menanamkan Konsep Kemerdekaan untuk Anak Usia Dini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua PD Himpaudi Kota Blitar, Zuliati, mengatakan, mengajarkan anak-anak usia dini tentang konsep kemerdekaan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Konsep kemerdekaan menurutnya akan sangat bermanfaat jika ditanamkan secara sederhana pada anak-anak.

"Mengajarkan anak usia dini tentang konsep kemerdekaan, anak akan memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Anak akan mencintai adat budaya bangsa Indonesia, kemudian mereka akan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia," kata Zuliati, dalam webinar Penanaman konsep Kemerdekaan Bagi Anak Usia Dini, Senin (16/8).

Zuliati mengatakan, anak-anak usia dini perlu diajari bagaimana mereka memiliki rasa kebanggaan tersendiri. Mereka harus ditanamkan nilai-nilai menghargai sejarah agar semakin mencintai Tanah Airnya.

Melibatkan anak untuk memasang bendera di halaman rumah juga bisa dilakukan dalam rangka menanamkan konsep kemerdekaan. " Nah ini kegiatan yang sederhana tapi mengandung makna yang luar biasa bagi anak usia dini. Sedikit kita ceritakan mengenai bendera, kita ceritakan bagaimana Sang Merah Putih pertama kali dikibarkan," kata dia lagi.

Ia mengatakan, pada dasarnya setiap anak memiliki potensi dan kecerdasan yang berbeda-beda. Di dalam konteks anak usia dini, perlu diintegrasikan bahwa kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh-contoh mudah bisa diberikan sesuai kehidupan anak masing-masing.

"Misalnya dengan kemerdekaan, anak bisa merasakan tempat tinggal yang nyaman, hidup bersama dengan keluarga pendidikan dan pengasuhan yang layak," ujar Zuliati.

Artikel Asli