Vaksinasi Covid-19 di Bandung Sudah Capai 1 Juta Lebih

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 13:35
Vaksinasi Covid-19 di Bandung Sudah Capai 1 Juta Lebih

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Kota Bandung telah mencapai satu juta orang lebih untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua baru mencapai 30 persen. Ditargetkan pada September mendatang vaksinasi Covid-19 dosis pertama bisa mencapai 70 persen dan akhir tahun menjadi 100 persen.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bandung yang dilansir melalui laman bandung.go.id hingga Ahad (15/8) kemarin, total vaksinasi dosis pertama yang telah dilakukan mencapai 1.024.750 orang atau 52.49 persen. Dosis kedua sebanyak 586.935 orang atau 30.06 persen.

Dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) 2.797 orang atau 0,14 persen. Total sasaran masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung sebanyak 1.952.358 orang.

"Sekarang persentase (vaksinasi) di angka 52 persen dosis pertama lebih dari satu juta," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Senin (16/8). Ia berharap rencana target vaksinasi pada September bisa mencapai 70 persen diharapkan dapat terealisasi.

Oded mengatakan, salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah mengecek data vaksinasi yang dilakukan oleh TNI dan Polri selama ini. Sehingga diharapkan jika sudah dilakukan pengecekan maka diharapkan target yang sudah divaksinasi lebih banyak lagi.

"Saya lihat ada potensi apa yang dilaksanakan TNI dan polri (data vaksinasi) belum terintegrasi dengan pemkot. Ketika terintegrasi mudah-mudahan lebih tercapai," katanya.

Terkait dosis kedua yang masih di angka 30 persen, ia menjelaskan jika vaksinasi dari dosis pertama ke dosis kedua dibutuhkan interval waktu. Ia menekankan yang harus diperhatikan adalah ketersediaan dosis vaksin.

"Yang harus dijaga oleh kita jangan sampai terjadi di beberapa daerah ketika masuk saatnya vaksin kedua gak ada vaksinnya jangan terulang. Kalau tidak ada mubazir," katanya.

Ia memastikan bahwa ketersediaan vaksin di Kota Bandung aman. Oded mengaku beberapa hari kemarin ikatan alumni ITB berencana mengadakan kegiatan vaksinasi di Sabuga dengan sasaran 20 ribu orang. Ia pun berharap alasan tren penurunan kasus Covid-19 di Bandung salah satunya karena sudah banyak yang divaksin.

Artikel Asli