Jokowi Dibombardir Kritik, Pedasnya Omongan Tokoh Papua, Anda Benar-Benar Pemimpin Gak Konsisten!

wartaekonomi | Nasional | Published at 16/08/2021 11:57
Jokowi Dibombardir Kritik, Pedasnya Omongan Tokoh Papua, Anda Benar-Benar Pemimpin Gak Konsisten!

Tokoh Papua, Christ Wamea, diduga melemparkan kritik kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membagikan paket bantuan sosial, di Terminal Grogol, Jakarta Barat, Selasa (10/8).

"Dia umumkan PPKM berjilid2, tapi dia sendiri yang membuat kerumuman berjilid2. Benar-benar dia pimpinan yang tidak konsisten," cuitnya, dalam akun Twitternya @PutraWadapi, seperti dilihat, Senin (16/8/2021).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyambangi Terminal Grogol, Jakarta Barat pada Selasa (10/8/2021). Kedatangan Jokowi untuk membagikan sembako kepada warga. Namun, karena tingginya antusias warga yang tidak sabaran mengantre, menyebabkan terjadinya kerumunan, bahkan terjadi dorong-dorongan.

Pantauan Suara.com di lokasi, Jokowi tiba sekitar pukul 16.12 WIB. Namun saat tiba, Jokowi tidak turun dari mobil yang ditumpanginya. Masyarakat pun hanya bisa melihat dari jauh sambil meneriaki memanggil-manggil namanya.

Dari dalam mobil Jokowi melambaikan tangan kepada para warga yang berkumpul. Sekitar 5 menit kemudian Jokowi langsung meninggalkan lokasi.

Saat Jokowi tiba, pembagian sembako sebenarnya berjalan kondusif. Mereka mengantre dengan menjaga jarak. Namun setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu meninggalkan lokasi, situasi tidak kondusif.

Terlihat mereka terlibat saling dorong, sampai ada beberapa warga yang terlihat terjepit di antara kerumunan massa. Alhasil, protokol kesehatan jaga jarak pun terabaikan. Petugas yang terdiri dari TNI, Polri, dan Paspampres berusaha untuk menertibkan warga. Mereka sesekali berteriak untuk menenangkan. Namun, tidak berhasil.

Karena situasi tidak kondusif, tim yang bertugas menghentikan pembagian sembako. Warga pun terlihat kecewa.

Adapun imbauan Jokowi agar masyarakat menghindari kerumunan antara lain disampaikan setelah menerima suntikan kedua vaksin Sinovac di Istana Negara, Jakarta.

Selain vaksinasi, kunci kedua adalah menjaga protokol kesehatan. Hindari kerumunan, kurangi mobilitas ke mana-kemana, kata Jokowi malalui akun Youtube Sekretariat Presiden pada 27 Januari 2021.

Artikel Asli