5 Penyanyi newcomers dari Indonesia ini pilih berkarier di luar negeri

brilio.net | Nasional | Published at 16/08/2021 12:21
5 Penyanyi newcomers dari Indonesia ini pilih berkarier di luar negeri

Brilio.net - Indonesia memiliki orang-orang yang mempunyai segudang bakat. Banyak anak muda di Indonesia meraih kesuksesan di berbagai bidang salah satunya sebagai penanyi. Sekarang ini banyak anak muda Indonesia yang memiliki karya hebat di bidang musik.

Menariknya, beberapa di antaranya memilih untuk mengawali kariernya di industri musik luar negeri. Dengan beragam pertimbangan, para penyanyi pendatang baru ini fokus menimba pengalaman dan berkarier di luar negeri.

Sejumlah penanyi pendatang baru telah berhasil mengharumkan nama baik Indonesia pada bidang musik di kancah Internasional. Brilio.net kali ini akan merangkum siapa saja penyanyi pendatang baru yang mengembangkan kariernya di luar negeri, Senin (16/8).

1. Dita Karang

foto: Instagram/@dita.karang

Artis bernama lengkap Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang ini lahir di Yogyakarta 25 Desember 1996. Dita Karang merupakan penyanyi asal Indonesia khususnya dari Yogyakarta yang berkarier di Korea Selatan sebagai anggota dari girlgroup bernama Secret Number. Ia merupakan perempuan Indonesia pertama yang berhasil debut sebagai girlgroup di Korea.

Dalam girlgorupnya, Dita Karang menempati posisi sebagai penari utama sekaligus vokalis dalam grup. Sebelum menjadi anggota girlgroup Dita Karang memiliki riwayat pendidikan yag cukup bagus lho. Ia merupakan alumni dari American Musical and Dramatic Academy di New York, Amerika dan pernah bergabung dalam komunitas dance terkenal di Korea yaitu 1MILLION Dance Studio.

Dita Karang mengawali debutnya sebagai anggota girlgroup pada tanggal 1 Mei 2020 di bawah naungan agensi Vine Entertainment. Sebelum melakukan debutnya Dita Karang pernah menjalani masa pelatihan (trainee) di Born Star Training Center di New York.


2. Loudi

foto: Instagram/@jihoon14u

Pria bernama asli Edward Wen ini lahir pada tanggal 13 April 1996. Sama halnya dengan Dita Karang, penyanyi asal Indonesia ini juga mengembangkan kariernya di negeri ginseng Korea. Ia merupakan mantan dari anggota boygroup yang bernama 14U.

Loudi debut pada tanggal 22 Juli 2017 di bawah agensi BG Entertainment. Namun sayang, boygroup ini harus bubar pada tahun 2019 lalu. Meski telah bubar, Loudi masih melanjutkan kariernya di Korea sebagai penyiar di KBS World Radio Indonesia.

Berbeda dengan Dita Karang yang asli Indonesia, Loude ternyata memiliki darah campuran Korea dan China lho. Sebelum menjadi anggota group Loudi pernah tinggal di Korea untuk mengembangkan ilmunya di bidang fashion dan memperlancar bahasa Koreanya.


3. Rich Brian

foto:Instagram/@brianimanuel

Rich Brian memiliki nama lengkap yaitu Brian Imanuel Soewarno. Ia lahir di Jakarta, September 1999. Ia adalah penyanyi rap sekaligus produser rekaman dan penulis lagu dari Indonesia yang berhasil mengembangkan kariernya di luar negeri. Dalam kariernya Rich Brian berdiri di bawah naungan agesi 88rising yang merupakan agensi asal Amerika.

Ia dikenal melalui singlenya yang berjudul Dat Stick yang dirilis pada 2016 lalu. Lagu ini dulu sempat mencuri perhatian di panggung internasional. Sepanjang kariernya dari tahun 2017, Rich Brian telah mendapatkan berbagai penghargaan seperti Indonesian Choice Award kategori Breakthrough Artist of the Year Music Vidio of the year.

Sebelum memiliki nama panggung "Rich Brian", ia sebelumnya menggunakan nama panggung Rich Chigga. Ia mengganti nama panggungnya itu pada tanggal 7 Januari 2018 setelah ia merilis tembang berjudul See Me pada saluran YouTube 88rising.

4. Niki Zefanya

foto: Instagram/@nikizefanya

Nicole Zefananya atau artis yang bernama panggung NIKI ini lahir di Jakarta, 24 Januari 1999. Ia merupakan seorang penyanyi, musisi, penulis lagu, dan produser rekaman asal Indonesia. Sama halnya dengan Rich Brian, Niki juga berdiri di bawah payung agensi 88rising asal Amerika.

Sebelum bergabung di 88rising, Niki dulunya sempat pindah di Nashville, Amerika Serikat untuk mempelajari seni musik di sebuah universitas. Sembari belajar niki berhasil merilis lagu See U Never.

Niki pernah berujar bahwa ia pernah diundang Rich Brian untuk bergabung di 88rising setelah Rich Brian mendengarkan lagunya. Kualitas suara Niki yang lembut dengan dipadukan musik R&B membuat kita patut bangga dengan artis satu ini.


5. Stephanie Poetri

foto: Instagram/@stephaniepoetri

Stephanie Poetri Dougharty atau yang dikenal dengan nama panggung Stephanie Poetri ini merupakan anak Titi DJ. Perempuan yang lahir di Jakarta, 20 Mei 2000 ini mengembangkan kariernya di luar negeri. Bersama Rich Brian dan Niki ia juga bediri di bawah naungan agensi 88rising.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini ia pernah mengikuti ajang pencarian bakat yakni Indonesian Idol Junior pada tahun 2014. Lalu pada tanggal 3 Juni 2019 ia berhasil menulis lagu yang berjudul I Love You 3000. Lagu inilah yang membuat karier Stephanie Poetri menjadi kian melejit.

Stephanie Poetri mengatakan bahwa dalam pembuatan lagu I Love You 3000 ada campur tangan ibunya sebagai produser eksekutif. Kesuksesan lagu I Love You 3000 inilah yang turut membawa Sthepanie Poetri bergabung dan dikontrak oleh perusahaan rekaman 88rising.

Sepanjang kariernya, Stephanie Poetri pernah berkolaborasi dengan salah salah satu anggota boygroup asal Korea GOT7 yaitu Jackson. Lagu tersebut sempat menduduki peringkat pertama di tangga lagu Tiongkok.

Artikel Asli