Bantu Isoman, Dapur Umum PDIP Jogja Juga Buka di Umbulharjo

radarjogja | Nasional | Published at 16/08/2021 08:27
Bantu Isoman, Dapur Umum PDIP Jogja Juga Buka di Umbulharjo

RADAR JOGJA- Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia Perjuangan Kota Jogja Minggu, 15 Agustus 2021 secara serentak membuka Posko Dapur Umum dan mendistribusikan 250 nasi box bagi yang isolasi mandiri dan karantina mandiri di 7 kelurahan di Umbulharjo dan 3 kelurahan di Kotagede.

Berdasarkan data yang ada, tercatat ada 2 kelompok warga yang terdampak yaitu warga yang positif sedang isolasi mandiri (isoman) dan warga yang kontak langsung walaupun negatif tetapi melakukan karantina mandiri (Karman).

Keberadaan Posko Dapur Umum ini, sangat penting karena penderita COVID-19 masih cukup tinggi di Jogjakarta, tidak hanya bagi warga yang positif melakukan isolasi mandiri (isoman) juga warga yang kontak langsung dengan penderita positif, walaupun status negatif diharuskan untuk melakukan karantina mandiri (karman) karena kontak langsung.

Posko dapur umum di Umbulharjo hadir membantu bagi warga isolasi mandiri di dua kemantren yaitu Umbulharjo dan Kotagede, kata Danang Widiatmoko, Ketua DPRD Kota Jogja, Minggu (15/8).

Danang mengatakan kita pastikan warga yang isoman mendapatkan perhatian. PDI Perjuangan hadir di tengah warga yang terdampak, sudah rutin kita jalankan.

Kita pastikan warga yang isoman mendapatkan perhatian. PDI Perjuangan hadir di tengah warga yang terdampak, sudah rutin kita jalankan, ujar Danang Widiatmoko.

Ketua Komisi B DPRD Kota Jogja Susanto Dwi Antoro menjelaskan keberadaan dapur umum ini telah dikoordinasikan dengan Satgas, Kemantren, kelurahan, RW dan RT.

Lewat koordinasi ini kita harapkan agar dapat didistribusikan dengan data yang akurat, sekaligus dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini melibatkan Pengurus Anak Cabang, Pengurus Ranting dan Pengurus Anak Ranting PDI Perjuangan, di dapil V (Umbulharjo dan Kotagede), kata Susanto Dwi Antoro, Ketua Komisi B DPRD Kota Jogja dari Fraksi PDI Perjuangan.

Susanto menambahkan lewat aksi bakti sosial dapur umum ini sekaligus dapat memantau perkembangan mereka yang isoman, sekaligus apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kami bisa koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

Ini jadi langkah PDI Perjuangan guna menggiatkan kembali gotong royong dalam mengatasi penyebaran pandemi Covid-19, jelas Susanto Dwi Antoro, Ketua Komisi B DPRD Kota Jogja dari Fraksi PDI Perjuangan.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja menyatakan sudah menjadi tanggungjawab kader dan pengurus PDI Perjuangan untuk berkontribusi dan menjadi teladan, pelopor dalam penanganan dampak pandemi.

Melalui dapur umum, semoga bisa berikan pitulungan bagi warga Jogja yang isoman. Ini bagian dari kerja nyata PDI Perjuangan menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 dengan hadir di tengah masyarakat.

Ajak terus gotong royong, bersatu dalam langkah tuntaskan penanganan COVID-19. Semoga rakyat Jogjakarta selalu sehat dan selamat, ucap Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja. (sce/sky)

Artikel Asli