Lulusan Berkualitas Agar Indonesia Jadi Negara Maju

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 10:07
Lulusan Berkualitas Agar Indonesia Jadi Negara Maju

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Rektor Universitas BSI, Dr Mochammad Wahyudi

Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 masih dalam situasi prihatin dengan Pandemi Covid-19. Indonesia terus berjuang agar terbebas dari wabah ini. Pemerintah bersama masyarakat Indonesia berjuang dan saling bahu membahu, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Dan berharap dapat kembali menjalani kehidupan normal dalam waktu yang tidak lama lagi.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai salah satu perguruan tertinggi terkemuka di Indonesia, turut berperan serta aktif membantu pemerintah dalam beberapa program penanggulangan wabah Covid-19. Salah satunya, dengan menjadikan beberapa kampusnya sebagai tempat pelaksaan sentra vaksinasi bagi masyarakat umum dan civitas akademika.

Sinergi dengan tema perayaan Kemerdekaan RI yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Universitas BSI senantiasa meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) bagi lulusannya. Dengan menyiapkan lulusan yang berkualitas, maka diharapkan Indonesia mampu tumbuh menjadi negara yang maju.

Selama kurang lebih dua tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan berdampak di berbagai macam sektor kehidupan masyarakat, tanpa terkecuali aktivitas dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun perguruan tinggi, selama pandemi terlaksana secara daring dengan berbagai fasilitas. Universtias BSI sendiri sudah memiliki Learning Management System (LMS) sebagai fasilitas pembelajaran selain menggunakan aplikasi daring pendukung lainnya.

Kami terus berupaya menyiapkan SDM yang berkualitas bagi kebutuhan dunia industri dan menyiapkan mahasiswa menjadi wirausaha yg tangguh. Dengan terus memotivasi mahasiswa untuk selalu optimistis dalam menggapai mimpi dan cita-cita mereka. Menjadi generasi yang tangguh dan siap menjawab berbagai tantangan di masa depan.

Dengan mental yang kuat, berjiwa kreatif dan semangat juang yang pantang menyerah, diharapkan generasi muda lulusan Universitas BSI menjadi generasi harapan bangsa yang tangguh. Ketangguhan mental yang disertai dengan skill pengetahuan yang cakap, tentunya akan mendukung tercapainya generasi emas pada 2045.

Bonus demografi pada tahun 2030, juga menjadi modal utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, dimana usia produktif akan lebih banyak sehingga mampu berpotensi menciptakan kerja atau lapangan kerja kreatif dari para generasi muda.

Dengan fenomena demografi ini, maka Universitas BSI terus berusaha memberikan bekal terbaik pada mahasiswa, diantaranya dengan pembekalan sertifikasi keahlian, bekerja sama dengan stakeholder guna melaksanakan program magang bersertifikat di BUMN, membina mahasiswa/i yang memiliki bakat kreatif dan melakukan program kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, baik dari dalam maupun luar negeri, guna mendukung Program Merdeka Belajar Kampus m
Merdeka.

Wadah pembinaan yang dimiliki Universitas BSI untuk mahasiswa/i yakni BEC (BSI Entrepreneur Center), BIC (BSI Innovation Center), BSC (BSI Startup Center) dan BCC (BSI Carrer Center). Melalui wadah institusi tersebut, mahasiswa/i Universitas BSI dibina, ditraining dan dibimbing agar menjadi generasi yang tangguh dan siap menghadapi berbagai macam tantangan masa depan.

Di saat HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini, Universitas BSI berupaya terus bersinergi dengan pemerintah. Memaknai kemerdekaan RI dengan menciptakan lulusan unggul guna mencapai Indonesia Maju. Universitas BSI terus meningkatkan kerjasama, menyatukan visi dengan banyak stakeholder, guna menumbuhkan sikap persatuan di tengah keberagaman tujuan demi Indonesia Tangguh, Indonesia Maju.

Artikel Asli