Dikbud Lombok Barat Belum Putuskan Sekolah Boleh Tatap Muka

lombokpost | Nasional | Published at 16/08/2021 10:00
Dikbud Lombok Barat Belum Putuskan Sekolah Boleh Tatap Muka

GIRI MENANG -Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Barat belum bisa memastikan kapan akan membuka sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Masih akan kami rapatkan dengan Tim Satgas Covid-19, kata Kepala Dinas Pendidikan Lobar H Nasrun pada Lombok Post, Jumat (13/8/2021).

Ia menjelaskan, saat ini hanya 11 sekolah yang mendapat izin belajar tatap muka. 11 sekolah ini sejak awal diperolehkan karena telah mengikuti standar yang dibuat Tim Satgas Covid-19 dan sudah melalui tahapan verifikasi.

Nanti selanjutnya akan kami evaluasi bersama pemerintah daerah dan Satgas Covid-19, tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Lobar Hj Nurul Adha menyambut baik bila wilayah zona PPKM Level 1 hingga 3 bisa sekolah tatap muka. Apalagi itu bisa diterapkan di Lombok Barat.

Kalau secara aturan membolehkan, menurut saya bagus, terangnya.

Namun, ia meminta dinas pendidikan harus memastikan pihak sekolah mampu menjalankan Prokes secara disiplin. Termasuk memastikan guru-guru sudah vaksin, ujarnya.

Tidak hanya itu, dinas juga harus memastikan fasilitas prokes tersedia di sekolah. Ini bisa disiapkan melalui dana BOS.

Menurutnya, SOP tatap muka di masa pandemi Covid-19 harus dibuat. Yang nantinya menjadi panduan bagi sekolah yang akan menerapkan belajar tatap muka.

Supaya tumbuh perilaku positif dalam menjaga kesehatan diri, dan lingkungan, ujarnya.

Yang terpenting, lanjutnya, dinas terkait agar tetap berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19. Hal ini untuk memastikan pelaksanaannya tetap mendapat pengawasan dari satgas.

Jika situasi mulai aman, segera ambil langkah. Jika situasi akan darurat, juga harus segera ambil langkah, imbuhnya. (nur/r3)

Artikel Asli