70 Persen Tervaksin 17 Agustus Belum Tercapai

radarjogja | Nasional | Published at 16/08/2021 09:30
70 Persen Tervaksin 17 Agustus Belum Tercapai

RADAR JOGJA Target memvaksin penduduk Kota Jogja setidaknya 70 persen pada 17 Agustus besok, belum bisa tercapai. Ketersediaan vaksin menjadi kendala untuk mengejar percepatan vaksinasi Jogja Merdeka Vaksin yang telah dicanangkan sebelumnya pada akhir Juli lalu.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi (HP) mengatakan, komitmen mengejar percepatan vaksinasi di Kota Jogja sudah dilakukan. Terlebih, sudah meningkatkan percepatan hingga 6.500 dosis per hari. Tetapi, upaya ini tidak sejalan dengan ketersediaan vaksin yang terbatas. Karena ketersediaan vaksin kita jadi kendala, katanya (14/8).

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja itu menjelaskan, sampai saat ini capaian vaksinasi di Kota Jogja sudah lebih dari 360 ribu warga. Namun jumlah itu 60 persen merupakan penduduk luar kota. Sedikitnya 40 persen saja yang penduduk kota. Sebagian besar merupakan nakes, pelayanan publik, pedagang, maupun ASN yang ber-KTP luar kota tetapi memiliki aktifitas di Jogja. Tapi kita termasuk tinggi tingkat kecepatan vaksinasinya, cuma memang proporsi warga kotanya akan diperkuat lagi, ujarnya.

Maka, sejak bulan Juli lalu Pemkot Jogja berkomitmen mulai memfokuskan mempercepatan sasaran vaksinasi khusus warga Kota Jogja. Dan dapat ditargetkan bulan Oktober mendatang seluruh penduduk sudah tervaksinasi 100 persen. Dengan catatan, ketersediaan dosis vaksin dapat mengimbangi percepatan.

Kalau vaksin ada, maka kami yakin untuk bulan Oktober sudah selesai 100 persen. Kalau Setember-Oktober itu kan 60 hari dan kita mampu kecepatan 6.500 per hari. Kalau itu kali dua bulan, bisa lebih dari 320 ribu. Makanya, ketersediaan vaksin ada, Oktober selesai, tambahnya. (wia/laz)

Artikel Asli