Jerman Evakuasi Staf Kedubes dari Kabul

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 08:48
Jerman Evakuasi Staf Kedubes dari Kabul

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Menteri Luar Negeri Heiko Maas pada Ahad (15/8) mengatakan, Jerman akan mulai menerbangkan staf kedutaan dan staf lokal Afghanistan keluar dari Kabul. Maas menambahkan, pemerintah Jerman mengerahkan segala upaya untuk mengeluarkan mereka dari Afghanistan.

"Anggota pertama Kedutaan Besar Jerman di Kabul akan diterbangkan keluar dari ibu kota Afghanistan. Penerbangan evakuasi awalnya akan dilakukan dari Kabul ke negara tetangga, dari sana akan dilanjutkan ke Jerman, pesawat sipil akan dikerahkan," ujar Maas, dilansir Anadolu Agency , Senin (16/8).

Maas mengatakan, tim inti operasional akan tetap berada di Kabul untuk mendampingi evakuasi lebih lanjut. Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer telah memperingatkan bahwa evakuasi ini bisa menjadi misi berbahaya.

"Kami siap untuk semua skenario. Ini adalah misi berbahaya," kata Kramp-Karrenbauer.

Staf Kedutaan Besar Jerman telah dievakuasi ke bandara yang diamankan oleh pasukan AS untuk alasan keamanan. Taliban telah menduduki Kabul dan mengambil alih istana kepresidenan pada Ahad. Sementara, Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dari Afghanistan di tengah situasi negara yang sedang genting.

Artikel Asli