Jokowi Hadiri Sidang Tahunan dengan Baju Adat Baduy, Ada Apa?

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 16/08/2021 08:41
Jokowi Hadiri Sidang Tahunan dengan Baju Adat Baduy, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri Sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (16/8/2021) pagi. Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR/DPR/DPD jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Senin (16/9/2021) hari ini. Kehadirannya sudah dipastikan datang secara fisik di Komplek Parlemen, Senayan.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menjelaskan, Presiden Jokowi juga sepakat dengan MPR agar pelaksanaan Sidang Tahunan MPR dibuat sederhana, efektif, dan efisien sehingga tidak memakan waktu terlalu lama. Jadi yang terpenting, pesan tersampaikan kepada masyarakat.

"Sidang Tahunan MPR RI diselenggarakan hari Senin, 16 Agustus 2021, dimulai Pukul 08.30 WIB secara sederhana serta menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," kata Bamsoet seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jumat (13/8/2021).

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Kompleks Parlemen sekitar pukul 08.05 WIB. Kedatangan Jokowi disambut Ketua MPRI RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Ma'ruf Amin tiba lebih dulu di lokasi acara dengan mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Sementara itu, Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat Badui bewarna hitam lengkap dengan penutup kepala bewarna biru dan memakai tas.

Perlu diketahui, pidato Presiden Jokowi dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI - DPD RI Tahun 2021 akan disiarkan secara langsung pada pukul 08.30 WIB di saluran TV Nasional dan Kanal Youtube Sekretariat Presiden. Dilanjutkan pada pukul 10.30 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato RUU APBN Tahun Anggaran 2022 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Sedangkan, dalam unggahan Sekretariat Kabinet melalui akun Instagram resmi mengunggah foto Jokowi selama tiga acara pidato sidang tahunan MPR/DPR/DPD yang selalu memakai pakaian tradisional adat daerah tertentu.

"#KawanKabinet penasaran nggak nih, saat menyampaikan Pidato Kenegaraan tahun ini, Presiden Joko Widodo bakal pakai baju adat daerah mana ya?," tulis akun Instagram Sekretariat Kabinet, Minggu (15/8/2021).

Tercatat Jokowi sudah pernah memakai baju adat Sabu, NTT pada tahun 2020, baju adat suku Sasak, NTB pada 2019 dan baju adat Bugis, Makassar pada tahun 2017.

Pada tahun 2020, Jokowi memakai selendang dengan motif khusus. Selain itu Jokowi juga memakai sarung yang juga menjadi ciri khas baju Sabu.

Artikel Asli