Catat! Syarat Penerima Bantuan Anak yang Orangtuanya Meninggal Akibat Covid-19 di Banjarmasin

apahabar.com | Nasional | Published at 16/08/2021 07:56
Catat! Syarat Penerima Bantuan Anak yang Orangtuanya Meninggal Akibat Covid-19 di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN Pendaftaran calon penerima bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang diberikan kepada anak yang orangtuanya meninggal dunia karena Covid-19 sudah mulai berjalan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Banjarmasin, Iwan Ristianto menjelaskan, link Google Form https://forms.gle/RaVn9HK8k2xmt6x89 bertujuan untuk mendata berapa jumlah anak yang orangtuanya meninggal dunia akibat Covid-19.

Pengajuan ini memiliki tiga syarat, yaitu si anak merupakan Warga Kota Banjarmasin yang memiliki identitas kependudukan Kota Banjarmasin serta berdomisili di Kota Banjarmasin.

Kedua, kriteria anak yang dimaksud berusia maksimal 18 tahun, belum menikah dan belum bekerja.

Syarat ketiga, orangtua meninggal karena Covid-19 dengan melampirkan surat keterangan dari Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) wilayah.

Jadi untuk bisa mengajukan sebagai penerima bantuan, keluarga yang bersangkutan harus memasukkan data yang diperlukan termasuk yang paling utama surat keterangan dari dokter untuk memastikan bahwa memang meninggal akibat Covid-19, paparnya.

Sayangnya, Iwan belum bisa memaparkan jumlah pasti anak yang sudah didaftarkan ke dalam google form tersebut.

Belum tahu lagi perkembangan dan jumlah pastinya. Nantinya, seluruh pengajuan yang masuk itu akan kita verifikasi baik kelengkapan persyaratan khususnya domisili, ujarnya.

Selain itu, Iwan juga mengaku, bahwa pihaknya masih belum mengetahui bantuan yang bakal diberikan kepada anak yang kehilangan orangtuanya akibat terpapar Covid-19 ini akan berbentuk apa.

Kami masih belum mengetahui apa saja bantuannya. Yang pasti kami diminta Pemerintah Pusat untuk mendata jumlah anak di Banjarmasin yang orangtuanya meninggal dunia gara-gara Covid-19, pungkasnya.

Artikel Asli