HUT RI Momentum Spirit Persatuan Sesama Anak Bangsa

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 07:20
HUT RI Momentum Spirit Persatuan Sesama Anak Bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM Momen peringatan HUT RI yang ke-76 kali ini masih sama seperti tahun sebelumnya, harus dirayakan dengan penuh keprihatinan, dalam situasi pandemi berkepanjangan. Namun Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, SH, MH menilai, hal ini justru adalah momentum yang tepat bagi segenap komponen anak bangsa untuk meningkatkan spirit persatuan dan kesatuan, khususnya dalam menghadapi wabah Covid-19

Ditemui di ruang kerjanya, pada Senin (10/8/2021) Nuryanto mengatakan, pandemi global yang dialami bangsa ini selama dua tahun telah memberikan pelajaran dan pengaruh yang sangat siginifikan dalam semua dimensi kehidupan, sehingga yang diperlukan adalah semangat bersama untuk menyudahinya.

Justru dalam keadaan seperti ini dapat kita jadikan momentum semangat persatuan dan kesatuan, sehingga musuh ini dapat kita taklukkan. Segenap komponen harus bersatu, baik secara nasional maupun pada tatanan lokal, tuturnya.

Meskipun perayaan HUT RI kali ini tidak bisa dirayakan secara meriah sebagai refleksi kegembiran karena bangsa ini telah bebas dari penjajahan, Nuryanto ingin agar masyarakat luas dapat mengambil sejarah spirit perjuangan itu dalam menghadapi musuh bersama, bila dulu yang dihadapi adalah bangsa penjajah, kini musuh itu adalah wabah Covid-19.

Kita gambarkan seolah-olah kita disatukan oleh Covid, maka dengan semangat atau spirit ini, mari kita bersama, bersatu bersinergi baik para unsur pemimpin daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua komponen yang ada, sama-sama berjuang untuk keluar dari pandemi ini, terang Nuryanto.

Cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat, sambungnya adalah dengan manaati semua aturan yang telah diibuat oleh pemerintah baik pusat dan daerah. Melalui taat dan patuh pada protokol kesehatan maupun kebijakan pemerintah lainnya seperti pelaksanaan vaksin dan PPKM.

photo
Ketua DPRD Batam Nuryanto SH MH (kiri) menerima Kepala BNN Kota Batam, AKBP Heryanto, terkait program BNN Kota Batam, Senin (10/8/2021). - (Humas DPRD Kota Batam)

Nuryanto menilai, apa yang sudah dilakukan oleh jajaran Pemerintah Daerah dalam upaya menanganan penyebaran Covid-19 telah sesuai dengan aturan yang dibuat oleh pusat. Walaupun kendala tetap ada, namun semua proses telah dilaksanakan secara maksimal.

Misalnya, sebelum ini masih ada keraguan dari masyarakat terhadap vaksin Cov-19, kini berkat kegigihan dan kesabaran tim di daerah dalam memberikan sosialisasi dan pemahanan kepada masyarakat, akhirnya target 70 persen warga Batam mendapat vaksin, hampir rampung terlaksana, jelasnya.

Sehingga, dengan momen peringatan HUT RI kali ini, Nuryanto berharap agar semua elemen masyarakat Kota Batam dapat kembali mengkristalkan spirit persatuan dan semangat juang dalam menghadapi pandemi, di antaranya dengan menumbuhkan kesadaran kolektif untuk melaksanakan Protokol Kesahatan 5 M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mengurang mobilitas).

Sekaranglah saatnya, melalui momen peringatan HUT RI ini, spirit persatuan dan kesatuan kita kembali terbangun, semakin mengkristal, demikian Nuryanto.

Artikel Asli