76 Tahun Merdeka, Saatnya Bangkit

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 16/08/2021 06:58
76 Tahun  Merdeka, Saatnya Bangkit

H ari ini, 76 tahun lalu, tepatnya 16 Agustus 1945, Soekarno dan Muhammad Hatta diculik ke Rengasdengklok, Karawang oleh golongan muda oleh Darwis, Wikana, dan kawan-kawan. Mereka membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok agar tidak mendapat pengaruh dari Jepang yang takluk dari sekutu pada Perang Dunia II.

Di Rengasdengklok, Soekarno dan Hatta singgah di sebuah rumah milik petani keturunan Tionghoa. Hingga sore hari, Soekarno dan Hatta masih berada di Rengasdengklok. Golongan muda kembali mendesak agar proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilakukan. Dan akhirnya Soekarno dan Hatta pun kembali ke Jakarta malam hari untuk kemudian memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Ini berarti, besok, Selasa, 17 Agustus 2021, Republik Indonesia berusia 76 tahun, usia yang sudah tidak boleh dibilang muda lagi. Sudah banyak pembangunan yang ditorehkan selama kurun waktu tersebut. Di bidang transportasi misalnya, jalan tol Trans Jawa yang sudah bertahun-tahun diimpikan, akhirnya sudah bisa menyambung dari Merak hingga Probolinggo. Sedangkan tol Trans Sumatera yang sebelumnya hanya wacana, kini sudah terbangun 531 km dari total 1.884 km yang direncanakan.

Dibangunnya jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera terasa sekali manfaatnya. Kini Jakarta - Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 9-11 jam dari sebelumnya 15-20 jam. Begitu juga Bandarlampung - Palembang yang tadinya memakan waktu 6-8 jam, ki ni bisa ditempuh dalam waktu 4 jam. Pasokan kebutuhan pokok menjadi lancar dan ujung-ujungnya semoga harganya menjadi lebih murah.

Pembangunan beberapa ruas jalan tol juga dibarengi dengan pengembangan tol laut dan tol udara. Hal ini membuat mobilitas barang dan manusia antarwilayah menjadi mudah. Konektivitas antarwilayah ini adalah kunci dalam perkembangan suatu negara karena otomatis mengurangi wilayah atau daerah dengan sebutan daerah tertinggal.

Namun kita tentu tidak boleh cepat merasa puas dan berbangga diri dengan semua yang sudah kita lakukan selama ini. Hasil-hasil pembangunan selama 76 tahun merdeka memang bisa kita rasakan, tetapi dibanding beberapa negara lain yang hari merdekanya hampir bersamaan, misalnya Korea Selatan yang merdeka 15 Agustus 1945, kita jauh tertinggal.

Dengan sesama negara Asean seperti Vietnam yang lepas dari jajahan Perancis pada 2 September 1945, kita mulai disalib. Vietnam memang merdeka dari Perancis pada 1945, tetapi mulai 1955 - 1975 negara tersebut dilanda perang maka wajar jika sampai dengan awal-awal 1990-an, Vietnam tertinggal dibanding Indonesia.

Tetapi lihat sekarang, merk mobil nasional Vietnam, Vinfast sudah berhasil meraih 10 persen pangsa pasar domestik. Kabar terbaru, Vinfast akan mendirikan pabrik di Amerika Serikat untuk merebut pasar Kanada dan AS. Bahkan pada Desember tahun ini, Vinfast akan meluncurkan mobil listrik yang dibuat di pabriknya di kota Haiphong untuk konsumen lokal. Sementara Indonesia sudah lama meritis mobil nasional, namun sampai saat ini belum terwujud.

Jangankan mobil, pangan saja sampai saat ini Indonesia masih impor. Sungguh ironi, 76 tahun merdeka tetapi masih impor pangan, termasuk bahan pangan pokok. Bayangkan saja, mulai dari gula, garam hingga kedelai, Indonesia harus memenuhi kebutuhannya dari luar negeri. Padahal negara ini sempat merasakan swasembada pangan bertahun-tahun silam.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sejak Januari-Juni 2021 atau sepanjang Semester I-2021, Indonesia telah mengimpor pangan sebesar 6,13 miliar dollar AS atau setara dengan 88,21 triliun rupiah.

Ayo Indonesia segera bangkit agar visi-misi 2045 menjadi negara maju bisa terwujud. Mumpung sekarang dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 yang membuat pertumbuhan ekonomi terganggu. Mumpung negara-negara lain juga me- restart pembangunannya, ini saatnya kita tunjukkan kita adalah bangsa yang unggul dengan menciptakan etos kerja baru yang gigih, mengikis habis korupsi, kurangi utang, dan hentikan impor barang konsumsi.

Artikel Asli