Kabupaten Bogor Genjot Vaksinasi

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 16/08/2021 06:35
Kabupaten Bogor Genjot Vaksinasi

BOGOR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjadi 100 ribu per hari.

"Jumlah vaksin mulai pekan depan, orang yang divaksin harus 100 ribu per hari, nah itu kerja keras buat Bu Ade (Bupati Bogor), dari Menkes tidak ada masalah," ungkap Luhut saat meninjau vaksinasi bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (14/8).

Ia menargetkan Kabupaten Bogor yang masuk dalam wilayah aglomerasi bisa mencapai target 70 persen vaksinasi pada September 2021. "Saya kira kerja keras mereka sudah bagus, hanya saja saya sampaikan pada Bu Ade bersama Menteri Kesehatan yang kebetulan orang Bogor juga, karena jumlah target vaksin itu 4,2 juta, dan baru tervaksin 900 ribu," kata Luhut.

Kabupaten Bogor ditarget melakukan vaksinasi terhadap 70 persen jumlah penduduknya, yakni 4,2 juta jiwa atau setara dengan kewajiban menyuntikkan 8,5 juta dosis vaksin.

Bupati Bogor, Ade Yasin berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu percepatan vaksinasi di wilayahnya. Hingga kini Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor baru menyuntikkan 930.763 dosis vaksin atau 11,01 persen dari target.

"Pemerintah daerah tidak mungkin menyelenggarakan sendiri tanpa bantuan dari semua instansi, termasuk kementerian, TNI dan Polri," kata Ade Yasin.

Pada akhir Juli 2021, dirinya menargetkan 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor melakukan vaksinasi sebanyak 8.575 sasaran dosis setiap pekannya demi percepatan menuju kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Mulai Agustus kita menambahkan target capaian di setiap kecamatan per minggunya sebanyak 8.575 dosis vaksin," ujarnya.

Penuhi Stok Vaksin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan vaksinasi dosis pertama terhadap 3 juta warganya pada September 2021.

"Bapak Presiden mengarahkan Pak Menko (Luhut Binsar Panjaitan) dan saya di akhir September harus tercapai. Kalau saya melihat angkanya 4,2 juta target totalnya, jadi harus 3 juta sudah divaksinasi dosis pertama," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi).

Menurut dia, masih terdapat selisih yang tinggi antara realisasi di lapangan dengan target yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Pasalnya, hingga 14 Agustus 2021 baru sebanyak 626.016 orang di Kabupaten Bogor menerima vaksin dosis pertama. "Jadi masih ada gap yang lumayan besar itu. 2,3 juta suntik pertama yang harus dikejar sampai akhir September," terangnya.

Budi Gunadi mengaku siap memenuhi kebutuhan stok vaksin di Kabupaten Bogor dalam mencapai target 3 juta vaksin. Ia juga berpesan kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor agar sinergi dalam mencapai target.

Di samping itu, ia juga mengingatkan agar capaian vaksinasi dosis kedua juga diseimbangkan dengan dosis pertama. Kini baru 304.382 warga Kabupaten Bogor yang menerima vaksin dosis kedua.

Sebagai informasi, Kabupaten Bogor ditarget melakukan vaksinasi terhadap 70 persen jumlah penduduknya, yakni 4,2 juta jiwa atau setara dengan kewajiban menyuntikkan 8,5 juta dosis vaksin. Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mencatat, hingga 14 Agustus 2021 telah menyuntikkan 930.763 dosis vaksin atau 11,01 persen dari target 8,5 juta dosis vaksin.

Artikel Asli