Kejahatan Bisnis Farmasi

rm.id | Nasional | Published at 16/08/2021 06:00
Kejahatan Bisnis Farmasi

Sektor bisnis manakah yang sedang diuntungkan oleh p(l)andemi? Jawabannya ialah sektor farmasi. Ya, sektor bisnis inilah yang paling bergairah dan mendapat keuntungan di atas rata-rata sektor lainnya.

Jangan dulu menuduh, karena mereka diuntungkan berarti mereka yang bermain api dengan p(l)andemi. Sekali lagi, belum tentu yang diuntungkan yang mendesain rencana semua itu terjadi. Boleh jadi ada pihak ketiga.

Belakangan ini banyak kenyataan miris bisnis sektor ini. Tertangkap kesan kuat banyak di antara oknum pelaku usaha di sektor ini yang "memancing di air keruh", "berbahagia di atas derita orang lain", dan "menari di antara bangkai saudaranya".

Alih-alih peduli dan berbagi, mereka memanfaatkan situasi. Mengeruk untung sebanyak-banyaknya tak peduli jeritan mereka yang sedang menderita karena ekses corona. Mereka seenaknya bermain harga, menaikkannya, mumpung permintaan pasar tinggi.

Macam-macam jenis kejahatannya. Permainan harga obatlah, alat tes Covid-lah, vitamin, tabung oksigen, ambulans, peti mati, biaya perawatan rumah sakit, dan lain sebagainya. Oknum-oknum merajalela dalam jumlah yang massif. Ngeri.

Belum lagi kejahatan berupa pemalsuan di semua item. Pemalsuan obat, alat tes, pemalsuan hasil tes, dan pemalsuan status kematian. Bahkan ada di sektor jasa penguburan dan kremasi. Gila bener.

Pemerintah mesti waspada dan terus mengawasi para oknum ini. Terakhir ini, mohon awasi bisnis pemalsuan sertifikat vaksin dan proses vaksinasi itu sendiri. Semoga Hari Kemerdekaan yang dirayakan esok hari jadi momentum kita menyatakan kemerdekaannya dari penjajahan pandemi. Dan pemimpin kita bernyali mendeklarasikannya.

Artikel Asli