Keamanan Sidang Tahunan MPR Maksimum

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 16/08/2021 05:35
Keamanan Sidang Tahunan MPR Maksimum

JAKARTA - Pelaksanaan Sidang Tahunan MPR, Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka peringatan ke-76 HUT RI, dan Sidang Bersama DPR-DPD pada 16 Agustus, hari ini, berlangsung dengan keamanan maksimum. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar, di Jakarta, Minggu (15/8).

"Pengamanan akan maksimum," kata Indra. Untuk keamanan pelaksanaan tiga agenda sidang tersebut, kata Indra Iskandar, tidak jauh berbeda seperti tahun lalu dengan sistem pengamanan maksimal. Namun, menurut dia, pada tahun ini keamanan fisik tidak akan terlalu mencolok.

"Keamanan maksimum tetap diterapkan seperti tahun lalu. Namun, untuk fisik tidak terlihat mencolok," ujarnya. Indra enggan menyebutkan secara perinci jumlah petugas keamanan yang akan mengamankan acara tersebut.

Sebelumnya, Indra mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara sederhana.

Pagi hari

Pada bagian lain, Indra Iskandar mengatakan pelaksanaan beberapa rangkaian acara tadi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Indra memberi contoh, penerapan prokes ketat pada penyampaian nota keuangan oleh Presiden, tidak lagi dalam bentuk kertas, tetapi flashdisk .

"Pada tahun lalu nota APBN dalam bentuk kertas, meskipun tidak disentuh Presiden dan Ketua DPR. Namun, pada tahun ini dalam bentuk flashdisk yang dimasukan dalam box ," katanya.

Indra menambahkan, pelaksanaan tiga agenda sidang tahun lalu sudah minimalis, hanya dihadiri 380 orang dalam ruangan. Namun, pada tahun ini akan sangat sederhana dan lebih minimalis lagi. Acara hanya dihadiri 60 orang, termasuk VVIP.

Pembacaan nota keuangan yang biasanya dilaksanakan siang hari, akan pagi hari, setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR/DPD. "Ini untuk menunjukkan, kami sangat peduli dengan protokol kesehatan. Bahkan dilaksanakan sangat ketat. Itu perbedaan signifikan yang perlu diketahui masyarakat," ujarnya.

Untuk undangan yang hadir secara virtual, direncanakan sekitar 1.500 orang. Ini terdiri atas undangan yang menggunakan akses dan streaming .

Artikel Asli