84 Tentara Afghanistan Ditangkap karena Lintasi Uzbekistan

republika | Nasional | Published at 16/08/2021 05:10
84 Tentara Afghanistan Ditangkap karena Lintasi Uzbekistan

IHRAM.CO.ID, TASHKENT -- Uzbekistan telah menahan 84 tentara Afghanistan yang melintasi perbatasan pada Sabtu (14/8). Pemerintah Uzbekistan mengatakan bahwa sekelompok tentara lain telah berkumpul di dekat pos pemeriksaan perbatasan di sebelah wilayah Afghanistan.

Prajurit Afghanistan melintasi perbatasan ke Uzbekistan dan Tajikistan bulan lalu ketika mereka mundur dari serangan gerilyawan Taliban, yang berhasil merebut sejumlah wilayah penting dalam beberapa hari terakhir kecuali ibu kota Kabul.

Pada Ahad (15/8), Taliban merebut Jalalabad, kota penting di wilayah Afghanistan timur, tanpa perlawanan. Kementerian luar negeri Uzbekistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok pertama yang terdiri dari 84 tentara Afghanistan tidak berusaha melawan ketika ditangkap penjaga perbatasan Uzbekistan, namun mencari bantuan medis.

Pemerintah Uzbekistan juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada sekelompok tentara Afghanistan yang telah berkumpul di sisi jembatan Termez-Khairaton Afghanistan. Jembatan itu menjadi penghubung kedua negara yang dapat dilintasi oleh mobil dan kereta api.

Uzbekistan sedang dalam pembicaraan dengan Kabul untuk memulangkan pasukan Afghanistan dan menyelesaikan situasi di jembatan Termez-Khairaton, kata pemerintah.

Artikel Asli