Makan di Warteg, Menteri Erick: UMKM Ujung Tombak Ekonomi Selain Konglomerat

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:50
Makan di Warteg, Menteri Erick: UMKM Ujung Tombak Ekonomi Selain Konglomerat

apahabar.com, JAKARTA Jagat dunia maya tengah dihebohkan dengan beredarnya foto Menteri Erick Thohir sedang makan di warteg.

Ya, foto sang menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu diambil saat ia tengah makan siang di sebuah warteg, bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Tak hanya makan siang, Erick Thohir sekaligus meninjau transformasi warteg yang sukses mengembangkan usahanya ke ranah digital.

Pertumbuhan ekonomi, menurut Erick, tak bisa jika hanya dibangun dari kalangan konglomerat atau pengusaha saja. Menurutnya, warteg dan UKM lainnya menjadi ujung tombak perekonomian.

Warteg itu kan juga menjadi ujung tombak ekonomi, kita tidak bisa melihat ekonomi ini hanya berdasarkan pembangunan dari konglomerat, tetapi yang penting bagaimana ultramikro UMKM juga harus kita bangun, ujar Erick Thohir di Wahyoo Warteg Mbah Galieh, Jakarta, Rabu (11/8), dilansir dari Okezone.

Erick Thohir mengapresiasi warteg Mbah Galieh yang kini sudah mengembangkan jaringan bisnisnya melalui aplikasi digital untuk pembayarannya.

Saya rasa sekarang, banyak entrepreneur muda tidak hanya berusaha tetapi ada social value, social impact, yang itu membedakan generasi pengusaha yang dulu dan yang sekarang, kata Erick Thohir.

Pembangunan pemerintah, kata Erick, harus seimbang, antara pengusaha kecil dan pengusaha besar untuk sama-sama memulihkan ekonomi nasional

Kita harus membangun Indonesia yang seimbang, ini yang kita harus apresiasi dengan pengusaha kecil, yang berhasil mengembangkan warteg ke ranah digital, kata Erick Thohir.

Erick Thohir pun mengapresiasi ekosistem warteg digital ini luar biasa.

Karena itu kami BUMN melihat ini sebuah kesempatan juga bagaimana yang selama ini BUMN sudah terus membangun lokomotif layanan masyarakat, katanya.

Erick

Warteg Mbah Galieh yang berada di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan menjadi tempat tujuan makan siang Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. Foto: Okezone

Ultramikro merupakan program pembiayaan tahap lanjutan dari bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Usai makan siang, Erick mengatakan dalam waktu dekat BUMN akan menjalin kerja sama dengan platform digital yang sudah terhubung bersama pelaku UKM untuk memberikan bantuan pemodalan tanpa agunan.

Nanti kita sinergikan kerja samanya dengan tadi BUMN yang memang bisa membantu permodalan. Supaya bisa tambah lagi, warteg di DKI semua itu 35 ribu jadi ekosistem yang sehat, kata Erick dilansir Detik.com.

Pantauan di lapangan, Erick Thohir datang sekitar pukul 11.58 WIB. Ia sempat berbincang ringan terkait kondisi penjualan warteg selama pandemi Covid-19.

Menu yang dipesannya yaitu nasi, terong, telur, tempe mendoan, ati ampela dan rawon kikil dengan total harga Rp 24 ribu.

Artikel Asli