Pemprov Jatim Luncurkan Mobil Isi Ulang Oksigen Gratis

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:39
Pemprov Jatim Luncurkan Mobil Isi Ulang Oksigen Gratis

JawaPos.com Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan mobil reaksi cepat layanan oksigen gratis. Mobil yang memberikan layanan mobile dan cepat itu kini telah stand by di Kota Madiun.

Mobil itu akan keliling ke titik-titik puskesmas, rumah sakit, ataupun rumah-rumah penduduk yang membutuhkan oksigen dengan cepat hingga ke pelosok Jatim.Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, layanan mobil itu berfungsi ganda. Selain sebagai sarana isi ulang keliling, mobil itu dapat jemput bola untuk kebutuhan oksigen masyarakat dan puskesmas.

Mobil ini dilengkapi tabung kecil 1 meter kubik beserta regulatornya sejumlah 20 buah. Juga ada tabungnya yang besar untuk menukarkan tabung oksigen yang kosong misalnya di puskesmas atau rumah-rumah warga yang isoman, ujar Khofifah pada Rabu (11/8).

Layanan mobil tersebut juga akan memberikan layanan gratis bersifat emergency yang akan lebih cepat menjangkau masyarakat. Dengan harapan agar masyarakat yang membutuhkan oksigen bisa segera terpenuhi dan kondisi pasien bisa segera membaik.

Selain itu, sejak Selasa (10/8) diluncurkan depo pengisian oksigen gratis di Madiun dan Jember. Di dua wilayah itu, layanan isi ulang oksigen dipusatkan di Kantor Bakorwil Pronvinsi Jawa Timur.

Di Madiun, juga dimulai layanan depo isi ulang oksigen gratis. Depo itu dapat melayani masyarakat wilayah Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten Ngawi, Magetan, dan Ponorogo.

Sedangkan di Jember, telah dimulai pelayanan isi ulang oksigen 24 jam setiap hari. Depo layanan pengisian ulang oksigen secara gratis di Bakorwil Jember melayani masyarakat Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan wilayah Banyuwangi Barat.

Bagi yang ingin memanfaatkan layanan itu cukup mendaftar secara online , di http://infocovid19.jatimprov.go.id/ . Di web itu akan langsung terbuka form isi ulang oksigen gratis.Warga tinggal mengisi nama, NIK, alamat domisili, dan kewajiban mengunggah hasil tes PCR atau antigen .

Lewat website itu akan terdapat pilihan tempat dan waktu pengambilan oksigen agar tidak terjadi antrean. Atau juga bisa menghubungi call center di 1500117. Petugas akan menginfokan pada pukul berapa warga bisa mengambil oksigen ke lokasi yang ditentukan.

Pemprov ingin memudahkan akses, jika kesulitan akses aplikasi silakan datang langsung dengan membawa identitas yang diperlukan khususnya KTP dan bukti swab atau keterangan sedang isoman atau isoter, terang Khofifah.

Kita terus berikhtiar untuk memberikan yang terbaik bagi warga masyarakat Jawa Timur yang membutuhkan, dalam hal ini oksigen. Alhamdulillah saat ini pertambahan kasus harian Covid-19 di Jatim sudah mulai menurun, dan semoga akan terus menurun, tambah Khofifah.

Artikel Asli