Ketua PPI Jatim: Menjadi Paskibraka itu Bangganya Sampai Gemetaran

Nasional | jatimtimes.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:21
Ketua PPI Jatim: Menjadi Paskibraka itu Bangganya Sampai Gemetaran

BANYUWANGITIMES - Bisa menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) saat upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan sebuah impian dan kebanggaan tersendiri bagi pelajar tanah air.

Ketua Purna Paskibra Indonesia (PPI) Jatim, Sarjono, S.H, mengungkapkan, sejatinya kebanggaan seorang Paskibraka adalah ketika mereka dikukuhkan saat mengucapkan Ikrar Putra Indonesia, janji kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan nilai luhur Pancasila sebagai azaz tunggal bangsa Indonesia, dan saat dipasangkannya Kendit Ibu Pertiwi oleh Presiden, Gubernur atau Bupati sesuai tingkatan dimana mereka ditugaskan.

Pria yang menjadi Paskibraka tahun 1998 itu, menyebut dirinya merasa terharu dan gemetar saat mengucap Ikrar Putra Indonesia pada pengukuhan Paskibraka saat itu. Terlebih saat disematkannya lencana Merah Putih Garuda (MPG) yang merupakan tanda identitas diri seorang Paskibra serta diikatkan Kendit Pandu Ibu Pertiwi, katanya kepada JatimTIMES, Rabu (11/8/2021).

Meski peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 kali ini bakal digelar secara sangat minimalis, mengingat situasi pandemi covid-19 dan peserta Paskibraka terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

Namun pihaknya bangga, Paskibraka Jatim yang sejak tanggal 6 Agustus 2021 hingga saat ini memasuki Pemusatan Latihan di PPSDM Jatim, sudah mendapat kunjungan dan pembekalan dari Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) dan Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Pak Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, beliau juga PPI tahun 1982 Jatim utusan dari Kabupaten Bojonegoro" terang Sarjono Ketua PPI Jatim Periode 2020 - 2025 itu.

Selanjutnya, Sarjono mengajak kepada para Purna Paskibraka Indonesia khususnya di Jawa Timur untuk bisa terus semangat dan peduli dengan PPI.

"Dan bagi pelajar tanah air, jangan pernah hilang semangat dan hilang untuk bermimpi. Teruslah belajar, berlatih wujudkan mimpimu untuk bisa bergabung dengan PPI dan banggakan Negara" pungkas Sarjono

Artikel Asli