KBRI Doha Bantu WNI Kelompok Rentan di Qatar Terima Vaksin

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:03
KBRI Doha Bantu WNI Kelompok Rentan di Qatar Terima Vaksin

JawaPos.com KBRI Doha bergerak cepat memberikan perlindungan kepada WNI di Qatar dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kali ini, perlindungan tersebut dengan memfasilitasi pemberian vaksin kepada para WNI kelompok rentan, di Rumah Sakit Rumailah, Doha pada (10/8).

Menurut Dubes RI untuk Qatar, Ridwan Hassan, para WNI kelompok rentan tersebut merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sementara ini tinggal di penampungan KBRI Doha. Pendampingan para PMI dipimpin langsung Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Qatar, Chairil Anhar Siregar, bersama staf KBRI Doha terkait.

Ridwan menjelaskan, upaya mendapatkan vaksin bagi WNI kelompok rentan bukanlah perkara mudah. Musababnya, para WNI tidak memiliki paspor dan kartu identitas Qatar (QID), atau dokumen apapun yang menunjukkan domisili mereka di Qatar. Status mereka saat ini adalah undocumented .

Namun berkat negosiasi antara Ridwan Hassan kepada Kementerian Luar Negeri Qatar, maka para WNI dapat difasilitasi untuk mendapatkan vaksin Covid-19 merek Moderna.

Dengan memberikan perlindungan diri yang maksimal, diharapkan dapat meminimalisir resiko terinfeksi Covid-19. Terutama saat akan kembali ke Indonesia nantinya, kata Ridwan dalam siaran pers, yang diterima JawaPos.com, Rabu (11/8).

Ridwan menjelaskan, situasi Pandemi Covid-19 di Qatar saat ini tengah berangsur pulih, dengan temuan kasus baru harian berkisar di angka 200.

Karena memiliki peralatan medis yang canggih dan ahli medis yang profesional, serta didukung komposisi penduduk yang mayoritas berusia muda, Qatar berhasil menjadi salah satu negara dengan jumlah kematian akibat Civid-19 terendah di dunia.

Saat ini, Qatar tengah memasuki fase ketiga pelonggaran pembatasan, dan diharapkan akan memasuki fase Keempat dalam waktu dekat, untuk menuju kepadaherd immunity, jelas Ridwan.

Untuk diketahui, program vaksinasi di Qatar telah dimulai sejak 23 Desember 2020. Pemerintah Qatar menyediakan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna secara cuma-cuma bagi seluruh penduduk yang telah memenuhi syarat.

Hingga saat ini WNI terinfeksi Covid-19 di Qatar sebanyak 402 orang, 397 diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan 2 lainnya masih menjalani karantina.

KBRI Doha, melalui Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan pendampingan kepada WNI terdampak Covid-19 dan mengimbau agar seluruh WNI di Qatar memanfaatkan program vaksinasi di Qatar secara optimal.

KBRI Doha akan terus bekerja dengan hati untuk memastikan semua WNI di Qatar memperoleh akses terhadap vaksin. Tutup Ridwan Hassan.

Artikel Asli